Bus Listrik PT INKA Sangat Diminati Pemkot Madiun, Pemprov Bali, Dan Negara Kongo – Detak Berita

DETAK BERITA – Moda transportasi massal ramah lingkungan, menjadi ladang bisnis baru bagi PT INKA. Bus listrik telah berhasil diprodiksi oleh PT INKA dan akan dipakai oleh Pemerintah Kota Madiun.

Walikota Madiun, Maidi, adalah sosok dibalik kehadiran bus listrik produksi PT INKA tersebut. Maidi-lah yang mendorong PT INKA untuk mencoba memproduksi bus listrik, yang diberi nama E-INOBUS.

“Tanpa dukungan dari Pak Walikota, PT INKA tidak punya semangat untuk memproduksi bus listrik ini”, ucap Agung Sedaju, Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) di Madiun, Selasa (27/10/2020) lalu.

Baca Juga:

Lebih jauh lagi, Walikota Madiun ini menantang PT INKA untuk memproduksi bus listrik yang modelnya mirip dengan kereta peluru asal Jepang, yakni Sinkanzen. PT INKA telah menyanggupi tantangan Walikota Madiun tersebut.

Maidi mendorong PT INKA agar E-INOBUS menjadi etalase di Kota Pecel tersebut.

Logo PT INKA (Persero)

“Tanpa iming-iming dari Pak Walikota, yang akan menjadikan produk INKA sebagai etalase di kota Madiun, Kami merasa ragu untuk memproduksi prototipe bus listrik tersebut. Mengingat biaya produksi E-INOBUS tidaklah murah”, lanjut Agung Sedaju.

Pemerintah Provinsi Bali dan Negara Kongo, dipastikan tertarik untuk memesan bus listrik PT INKA ini.

E-INOBUS dapat menempuh perjalanan lebih dari 180 km untuk satu kali pengisian daya baterai.

Maidi akan menggunakan E-INOBUS sebagai bus pariwisata keliling di Kota Madiun. Selain untuk menggantikan Bus Sekolah yang telah beroperasi sejak tahun 2019 lalu.

Walikota Madiun ini pun ingin mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan di seluruh Kota Madiun.

DB

Related posts

Leave a Comment