Keliling Bali Secara Gratis, Naik Bus Listrik Keren Ini – Detak Berita

DETAK BERITA – Pemerintah Provinsi Bali melakukan uji coba operasional bus listrik, menggunakan E-INOBUS hasil produksi PT INKA dan bus listrik produksi PT Bakrie Oto Part, Jum’at (6/11/2020) lalu.

Bus listrik yang diujicobakan sebanyak dua unit, warga Bali dapat menikmati bus listrik ini secara gratis hingga dua bulan ke depan. Mengambil rute di sekitar Kota Denpasar seperti kawasan Renon, Nusa Indah, dan Hayam Wuruk.

Jarak tempuh bus listrik ini hingga 200 km, dengan pengisian baterai sekitar 3 – 4 jam untuk satu kali pengisian. Mampu melaju di kecepatan hingga 90 km per jam, bus listrik ini dapat mengangkut penumpang antara 17 – 20 orang.

Uji coba bus listrik ini, sekaligus sebagai peresmian bus angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Yang akan melayani wisatawan dari Bandara Ngurah Rai Denpasar, ke beberapa lokasi wisata seperti Singaraja, Gianyar, Karangasem, Kintamani, hingga Bali Barat.

Baca Juga:

Gubernur Bali, Wayan Koster, pada sambutan peluncuran uji coba bus listrik ini, mengatakan bahwa pembangkit tenaga listrik di Bali sepenuhnya tidak boleh menggunakan bahan bakar fosil lagi.

“Pembangkit tenaga listrik yang akan dibangun di Bali ini, harus bersumber dari sumber energi yang bersih, sehingga tidak boleh lagi menggunakan batubara, solar, minyak, dan bahan bakar fosil lainnya”, kata Wayan Koster.

Dirut Perum PPD, Pande Putu Yasa menjelaskan, pemilihan uji coba bus listrik di Bali dikarenakan Bali telah memiliki peraturan terkait kendaraan berbasis listrik.

“Hal ini untuk menjawab tantangan dari Pergub Bali, kami sebagai operator memberikan kontribusi bagi masyarakat Bali, untuk mencoba kendaraan listrik ini”, terang Pande Putu Yasa.

Bila uji coba berjalan lancar, bus listrik ini akan mulai dioperasikan pada tahun 2021 mendatang.

Jadwal Operasional Bus Listrik Bali

DB

Related posts

Leave a Comment