Jutaan Rakyat Brazil Tertular Covid-19 Dari Orang Kaya – Detak Berita

Para pria membawa kotak untuk dipasangkan ke peti jenazah di pemakaman Kota Sao Pedro, di tengah penyebaran penyakit virus Corona di Sao Paulo, Brasil, Kamis (14/5). Foto: ANTARA/REUTERS

DETAK BERITA – Brasil menempati posisi kedua sebagai negara yang terparah dilanda corona setelah Amerika Serikat. Setelah Brazil mencatatkan lebih dari satu jua kasus corona pada Jumat (19/6/2020). Dengan korban meninggal mendekati 50.000 jiwa.

Brasil mengonfirmasi pertama kali virus corona yang menginfeksi warganya pada 26 Februari. Virus itu menyebar terus hingga mengikis dukungan terhadap Presiden Jair Bolsonaro dan meningkatkan kekhawatiran atas keruntuhan ekonomi setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan yang rendah.

Pada Jumat, Brasil melaporkan 1.032.913 total kasus terkonfirmasi dengan 1.206 kematian baru, sehingga total korban meninggalnya menjadi 48.954.

Jumat itu Brasil juga mencatat rekor jumlah kasus baru harian sebanyak 54.771 yang mengisyaratkan wabah masih jauh dari teratasi. Brasil mungkin akan melampaui 50.000 korban kematian pada Sabtu sekalipun laporan akhir pekan dapat lebih rendah.

Namun, kenyataan yang sebenarnya dari wabah itu melampaui angka-angka resmi, menurut banyak ahli, yang menyebut kurangnya pengujian yang menjangkau masyarakat secara menyeluruh.

“Angka satu juta itu jauh lebih kecil ketimbang jumlah riil warga yang terinfeksi sebab rendahnya laporan atas besarnya infeksi yang mencapai lima hingga 10 kali lipat”, kata Alexandre Naime Barbosa, profesor medis Universitas Negara Bagian Sao Paulo.

“Jumlah sebenarnya mungkin sedikitnya 3 juta dan bahkan dapat sebanyak 10 juta orang”.

Corona tiba di Brasil lewat warga kelas atas yang kembali dari liburan di negara-negara Eropa. Kini virus itu sudah menyebar ke lebih dari 80 persen wilayah Negeri Samba.

DB

Related posts

Leave a Comment