Rumah Sakit Khusus Virus Corona China Terbangun Dalam 48 Jam, Kapasitas 1.000 Tempat Tidur

RS Virus Corona 48 Jam 1 detakberita

RS Virus Corona 48 Jam 2 detakberita

DETAK BERITA – China telah berhasil menepati komitmennya, telah berhasil membangun rumah sakit virus corona Wuhan dalam waktu 48 jam.

Rumah sakit ini didedikasikan secara khusus untuk merawat pasien yang terinfeksi virus corona.

Dengan bantuan pekerja dan sukarelawan, rumah sakit yang dulunya merupakan bangunan kosong di kota dekat Wuhan ini telah menjadi fasilitas darurat medis dengan kapasitas 1.000 tempat tidur.

Proses konstruksi dilaksanakan seefisien mungkin karena perusahaan konstruksi, perusahaan utilitas, dan petugas polisi militer bekerja sama untuk memastikan pendirian pusat medis yang cepat.

Lebih dari 500 pekerja dan lusinan kendaraan berat bekerja tanpa lelah selama rentang dua hari dua malam untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit ini agar tepat waktu.

RS Virus Corona 48 Jam 3 detakberita

Pada hari Jumat, pemerintah setempat memerintahkan agar bangunan kosong itu digunakan hanya untuk mengobati pasien virus corona saja. Pekerjaan konstruksi kemudian langsung dikerjakan pada hari berikutnya.

Pada hari Senin, semua tempat tidur telah disiapkan oleh relawan dengan pasokan air, listrik, dan fungsi internet yang stabil dan siap untuk digunakan.

Video dari China’s Cover News bahkan menunjukkan staf medis membiasakan diri dengan fasilitas dan peralatan untuk mempersiapkan diri dalam mengantisipasi kedatangan pasien pertama yang terinfeksi.

Menurut Daily Mail, batch pertama pasien virus corona akan dipindahkan ke rumah sakit yang sekarang dikenal sebagai Pusat Medis Regional Gunung Dabie di Huanggang, pada Selasa pukul 10:30 malam waktu setempat.

Untuk diketahui, dengan 170 kematian dan 7.711 ribu kasus orang yang terinfeksi sampai saat ini, rumah sakit di seluruh China telah mengalami kekurangan pasokan medis dan staf untuk merawat pasien.

Rumah sakit tidak hanya penuh sesak dengan pasien yang terinfeksi setiap hari, tetapi para praktisi medis juga menderita gangguan mental akibat kurang istirahat setelah merawat pasien tanpa kenal lelah.

Di sisi lain, rumah sakit di Huanggang yang pertama dibuka ini bukan yang pertama kali direncanakan. Pemerintah Wuhan awalnya mengumumkan pada Kamis lalu bahwa mereka akan membangun rumah sakit virus corona dalam seminggu.

Pemerintah juga menyebut fasilitas yang sedang dalam proses penyelesaian tersebut untuk tujuan yang sama di negara ini.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk digunakan setelah pusat medis sementara yang dibangun di Beijing pada tahun 2003.

Saat itu pemerintah membutuhkan waktu seminggu untuk membangun sebuah pusat yang didedikasikan hanya untuk menangani SARS, yang berhasil merawat 1/7 pasien SARS negara itu dalam rentang waktu dua bulan.

Sementara itu, Wuhan juga membangun dua fasilitas khusus untuk merawat sekitar 2.300 pasien yang terinfeksi virus corona.

DB

Related posts

Leave a Comment