Yuk Kita Coba Mobil Listrik Canggih di Bandara Soetta

Mobil listrik Hyundai Ioniq yang dipakai sebagai armada taksi online (Pius Mali)
Mobil listrik Hyundai Ioniq yang dipakai sebagai armada taksi online (Pius Mali)
Mobil listrik Hyundai Ioniq yang dipakai sebagai armada taksi online (Pius Mali)

DETAK BERITA – Semakin menjadi tren di Indonesia, pemakaian mobil listrik kerap terlihat di beberapa kesempatan. Mobil listrik tidak hanya digunakan sebagai mobil pribadi, kendaraan umum pun sudah memanfaatkanya.

Terlebih di DKI Jakarta, Gubernur Anies Baswedan telah mengeluarkam kebijakan pembebasan pajak mobil listrik. Kebijakan Anies ini, semakin membuka peluang bagi mobil listrik mengisi berbagai sektor kehidupan.

Salah satu plihan transportasi umum dengan kendaraan ramah lingkungan adalah GrabCar Elektrik. Kini, layanan GrabCar Elektrik sudah tersedia di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah terus mempercepat pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55/2019 tentang Akselerasi Program Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

“Kendaraan listrik ini diharapkan dapat menjadi solusi mobilitas yang mengusung konsep smart cities, dan lebih ramah lingkungan, serta minim biaya pengelolaannya”, ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin 27 Januari 2020.

Sementara itu, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, GrabCar Elektrik merupakan bentuk nyata dari komitmen untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Untuk menikmati moda transportasi darat ini, disediakan lounge di area kedatangan Bandara Soetta. Mobil yang dipakai untuk melayani penumpang adalah kendaraan listrik asal Korea Selatan, Hyundai Ioniq.

Peluncuran GrabCar Elektrik di Bandara International Sokerno Hatta
Peluncuran GrabCar Elektrik di Bandara International Sokerno Hatta

“Setelah meluncurkan roadmap ekosistem kendaraan listrik, kami senang hari ini bisa meluncurkan GrabCar Elektrik bekerjasama dengan Hyundai, yang pertama kali di Indonesia”, ujarnya.

Untuk tarif, kata Ridzky, transportasi online dengan mobil ramah lingkungan itu, lebih mahal 10 sampai 15 persen daripada mobil Grab yang beroperasi di Bandara internasional tersebut.

“Saat ini jumlahnya ada 20 unit, ke depannya tak menutup kemungkinan jumlahnya bertambah hingga 500 unit sampai akhir tahun ini”, ujarnya.

DB

Related posts

Leave a Comment