Gunung Sibayak Sangat Menarik Bagi Pendaki Pemula

Pendaki Gunung Sibayak (ilustrasi)
Pendaki Gunung Sibayak (ilustrasi)
Pendaki Gunung Sibayak (ilustrasi)

DETAK TRAVEL – Gunung Sibayak menawarkan kepada para pendaki pemula untuk mencoba pendakian gunung yang mudah tetapi tak kalah menakjubkan pemandangan yang disajikan.

Terletak di Tanah Karo, Sumatera Utara, Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif yang aman untuk para pendaki.

Walaupun dinyatakan aman, persiapan yang matang sangat dibutuhkan termasuk membawa perlengkapan pribadi untuk mendaki.

Apa saja perlengkapannya? Yuk, cari tahu:

1. Ransel Khusus untuk Naik Gunung

Perlengkapan pertama yang harus dibawa adalah ransel (carrier). Pilih ransel yang sesuai dengan muatan barang yang akan dibawa. Ukuran ransel mulai dari 20 hingga 100 liter. Ransel ini biasanya akan diisi dengan tenda, alat masak, kantong tidur, makanan, hingga logistik pendakian.

2. Pakaian

Bawa pakaian secukupnya. Pilihlah pakaian yang bisa menyerap dan melepas keringat dengan cepat. Jangan lupa untuk membawa 2 jaket yang memiliki fungsi bisa menahan angin dan menghangatkan badan. Cuaca di gunung bisa jadi sangat ekstrem terutama bagi pendaki pemula.

3. Sepatu

Jangan lupa untuk membawa sepatu. Sepatu yang harus dipakai adalah sepatu gunung. Sepatu gunung dibuat dengan karakteristik yang sesuai untuk mendaki. Jenis dan kekuatan sol, jenis leher sepatu, dan bahan sepatu memiliki karakteristik dan kekuatan yang berbeda dibandingkan dengan sepatu biasa.

4. Alat makan dan Makanan

Bawa alat makan berupa piring, gelas, sendok, dan garpu dari plastik. Bahan plastik cukup ringan dan fleksibel. Selain itu, makanan pribadi perlu juga dibawa. Tujuannya adalah untuk keamanan pribadi, seperti terpisah dari rombongan atau tersesat.

Makanan juga sangat diperlukan ketika menghadapi tingkat kesulitan yang tinggi saat mendaki.

5. Perlengkapan Kebersihan

Perlengkapan kebersihan merupakan perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki. Alat mandi, tisu, beserta kantong plastik (trash bag) yang berguna untuk melindungi semua perlengkapan mendaki gunung yang ada dalam ransel. Selain itu, kantong plastik juga bisa digunakan untuk menyimpan sampah-sampah sisa makanan.

6. Perlengkapan Kamping

Perlengkapan kamping saat mendaki gunung cukup banyak dan biasanya dibagi per kelompok untuk dibawa. Namun, tidak ada salahnya membawa matras dan sleeping bag pribadi. Sleeping bag ini sangat penting apalagi jika Anda merupakan pendaki gunung pemula yang belum pernah merasakan hawa dingin di gunung.

7. Peralatan Navigasi, Survival Kit, dan Alat Penerangan

Peralatan navigasi, survival kit, dan alat penerangan juga sangat penting untuk dibawa. Medan saat mendaki bisa menjadi licin dan terjal. Peralatan navigasi seperti GPS, peta, dan kompas bisa berguna sebagai penunjuk arah.

Sedangkan survival kit berguna saat keadaan tersesat atau terjadi kecelakaan di gunung. Selain survival kit, alat penerangan seperti senter dan headlight berguna untuk menerangi saat keadaan gelap atau malam hari di gunung.

8. Identitas Diri

Pastikan Anda membawa identitas diri. Identitas diri berguna untuk registrasi saat akan mendaki. Identitas diri yang bisa dibawa berupa SIM, KTP, kartu mahasiswa, atau paspor untuk WNA.

9. Obat-obatan

Keadaan yang tidak menyenangkan seperti terganggunya kesehatan saat mendaki bisa saja terjadi. P3K atau obat-obatan sangat perlu dibawa. Apalagi jika Anda memiliki penyakit khusus, seperti asma, jantung, atau diabetes. Obat-obatan ini juga bisa berguna untuk teman-teman yang membutuhkan.

Lengkapi juga obat-obatan dengan bidai, deker elastis, dan perban elastis sebagai langkah
pencegahan jika Anda atau teman mengalami kram, dislokasi persendian, atau patah
tulang.

Inilah 9 perlengkapan pribadi yang bisa dibawa saat mendaki Gunung Sibayak di Medan. Jika Anda ingin mencoba mendaki gunung, mulailah dengan mendaki Gunung Sibayak di Medan.

DB

Related posts

Leave a Comment