Disporaparbud Purwakarta Rangkul Gamer Untuk Berprestasi Pada Cabor E-Sport

Disporaparbud Purwakarta
Disporaparbud Purwakarta
Disporaparbud Purwakarta

DETAK SPORT – Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta membuka ruang bagi para pemain game untuk serius menggeluti bidang e-sport.

Menyusul olahraga elektronik, game atau e-Sport masuk dalam kategori cabang olahraga (cabor).

Sekretaris Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, jika keberadaan komunitas e-sport banyak, pihaknya akan memfasilitasi olahraga tersebut.

“Ya kalau ada SK dari perkumpulan olahraga pusatnya, pihak dinas welcome aja. Yang penting jelas kepengurusannya”, kata Heri, Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, bermain video game bukan hal yang kelewat sulit saat ini. Kalaupun tak punya perangkat seperti komputer, play station, atau xbox, kita bisa menggunakan ponsel untuk memainkannya.

Awalnya, bermain game dilakukan untuk mengisi waktu senggang, sebagai hiburan belaka. Kini, game beralih fungsi, tak hanya sebagai hiburan, tapi juga menjadi pilihan karier. Artinya, menjadi gamer profesional, mencari nafkah dengan bermain game.

Heri menyarankan, bagi komunitas yang sudah punya legalitas dari pusat, bisa mengajukan ke Disporaparbud mengingat kecakapan e-sport mulai digandrungi kawula muda saat ini.

“Karena kompetisinya sudah ada tingkat internasional, maupun nasional. Tidak hanya mobile legend, game serupa yang masuk dalam kategori cabang olahraga bisa melakukan pengajuan”, tuturnya.

Heri menambahkan jika sudah ada kepengurusannya, akan terorganisir dengan baik, sehingga pembinaan atlet e-sport diharapkan dapat berjalan dengan optimal.

“Kita kumpul kepengurusan dan programnya apa aja, apakah ada pembinaan atlet atau bagaimana. Yang penting Surat Keterangan (SK) harus ditandangani kepengurusan pusat, jadi jelas legalitasnya”, ujarnya.

DB

Related posts

Leave a Comment