Bentrok Pecah Saat Perebutan Pengelolaan Stadion Markas PSM Makassar

Rebutan Kelola Stadion Markas PSM Makassar detakberita

Rebutan Kelola Stadion Markas PSM Makassar detakberita

DETAK BERITA – Bentrok tak terhindarkan saat perebutan pengelolaan Stadion Andi Mattalatta. Stadion yang menjadi markas PSM Makassar ini diketahui telah menjadi sengketa yang cukup lama. Insiden tersebut terjadi pada Rabu 15 Januari 2020 siang WITA.

Personel Satuan Pamong Praja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang dikerahkan, dipukul mundur massa Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS), yang sejak awal sudah berjaga dan bertahan di dalam lingkungan stadion.

Bentrokan pun tak terelakkan di depan stadion yang berlokasi di Jalan Cendrawasih, Kecamatan Mariso, Kota Makassar, itu. Massa YOSS dan petugas Pamong Praja pun terlibat saling lempar menggunakan batu, petasan, bahkan busur.

Kepala Polsek Mariso, Kompol Ahmad Yulias, memastikan hingga Rabu sore ini, situasi dan kondisi di sekitar stadion sudah kembali kondusif. Kepolisian akan melakukan mediasi agar kejadian tak terulang.

“Jumat ini, Bapak Kapolrestabes Makassar akan memediasi dengan mempertemukan pihak bertikai”, ujar Ahmad Yulias.

Ahmad Yulias memastikan tidak ada korban dari pihak Kepolisian dalam insiden itu. Namun, untuk urusan pihak Satpol PP dan warga, dia mengaku belum mendapatkan laporan.

“Kalau korban dari Satpol dan warga, saya belum dapat informasi”, ucapnya.

Masalah ini merupakan imbas dari klaim Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Dia menyebut Stadion Andi Mattalatta bagian dari aset Pemerintah Provinsi.

Dia ngotot pengelolaan stadion harus beralih ke Pemprov. Alhasil Satpol PP pun dikerahkan ke Stadion Andi Mattalatta untuk melakukan penertiban.

Sedangkan YOSS bersikukuh mendaku diri layak menjadi pengelola. Karena sudah 37 tahun mereka melakukannya.

Dikatakan Ahmad Yulias, pihak YOSS sudah mengajukan gugatan lewat pengadilan.

“Kami dengar bahwa pihak YOSS sudah mengajukan gugatan ke pengadilan terkait dengan hal ini”, tuturnya.

DB

Related posts

Leave a Comment