Raja Dan Ratu Kerajaan Agung Sejagat Terancam 10 Tahun Kurungan Penjara

Kabid Humas Polda Jawa detakberita

Kabid Humas Polda Jawa detakberita

DETAK BERITA – Totok Santoso Hadiningrat dan Dyah Gitarja telah ditangkap Polisi di Purworejo, Selasa (14/1/2020) malam.

Penangkapan oleh pihak Kepolisian Purworejo ini setelah pasangan suami istri tersebut, mengikrarkan diri mereka berdua sebagai raja dan ratu Kerajaan Keraton Agung Sejagat.

Atas perbuatan itu, keduanya terancam pasal berlapis, yakni pasal 14 ayat 1 tentang menyiarkan berita bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dan Pasal 378 tentang penipuan.

“Ancamannya 10 tahun”, kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Selasa (14/1/2020) malam.

Iskandar menyebutkan, bisa saja dalam perkembangan kasus, para pelaku juga disangkakan dengan pasal penistaan agama. Namun, hal itu belum dilakukan karena masih dalam pemeriksaan dan pendalaman.

“Belum ke penistaan agama, belum sampai kesana. Yang sudah pasti itu dulu. Kalau ada perkembangan lebih lanjut, bisa saja diterapkan”, ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kedua pelaku ditangkap setelah ikrar membuat kerajaan itu sangat meresahkan masyarakat.

Masyarakat yang khawatir langsung membuat laporan ke Polda Jawa Tengah.

Selain pelaku, Polisi turut mengamankan saksi dan alat bukti lainnya. Setidaknya ada sekitar 10 orang saksi yang turut diamankan ke Mapolda Jawa Tengah.

DB

Related posts

Leave a Comment