Retno Marsudi Tolak Keinginan Komisi 1 Bahas Terbuka Habib Rizieq

Retno Marsudi Rapat Komisi 1 detakberita

Retno Marsudi Rapat Komisi 1 detakberita

DETAK BERITA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memgatakan bahwa isu pencekalan yang disebarkan Habib Rizieq yang disebarluaskan lewat akun YouTube Front TV, akan dijelaskan secara terpisah dari materi lain.

Oleh karena itu dia minta izin kepada semua pimpinan dan anggota Komisi I DPR RI untuk menjawabnya dalam forum tertutup.

Hal itu disampaikan Menlu Retno dalam Rapat Kerja (Raker) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dengan Komisi I di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, yang dipimpin Wakil Ketua Komisi I Teuku Riefky Harsya, Selasa (12/11/2019).

Hal lain yang akan dibahas dalam forum tertutup dengan anggota Komisi I adalah perihal masalah Papua dan konflik Laut China Selatan.

Sedangkan untuk forum terbuka, Menlu Retno akan membahas isu diplomasi ekonomi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan program perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri.

Mengenai pembahasan kasus Rizieq secara tertutup, Fraksi PDI Perjuangan memberi bahasa tubuh dan non verbal lainnya bahwa mereka kurang menyukai cara tersebut, terutama Anggota Komisi I dari F-PDI Perjuangan, Effendi Simbolon, yang terus memburu pimpinan rapat mengenai hal tersebut.

“Khusus masalah Habib Rizieq bagaimana pimpinan?” tanya Effendi.

Pimpinan sidang Teuku Riefky Harsya melihat gelagat tidak mengenakkan langsung menenangkan sambil skorsing rapat (istirahat).

“Tertutup, Pak. Itu beliau (Menlu Retno) sudah sampaikan”, kata Riefky kepada Effendi Simbolon yang nampak tidak bahagia.

DB

Related posts

Leave a Comment