Pesawat Berbadan Lebar Mendarat Perdana di Yogyakarta International Airport

Garuda Indonesia A 330-200 di YIA detakberita

Garuda Indonesia A 330-200 di YIA detakberita

Kulon Progo, Detak Berita – Yogyakarta International Airport (YIA) telah resmi dapat di darati oleh pesawat berbadan lebar (wide body), setelah pesawat Garuda Indonesia A 330 seri 200 berhasil mendarat dengan mulus di bandara yang terletak di Kabupaten Kulon Progo tersebut.

Pesawat yang memiliki kapasitas 222 penumpang ini, akan melayani penerbangan reguler setiap Jum’at dan Minggu, nantinya.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, dalam sepekan, maskapai Garuda Indonesia ini akan melayani rute penerbangan YIA-Soekarno Hatta dan juga sebaliknya.

“Sejak minggu lalu sudah ada tambahan penerbangan dari beberapa maskapai, seperti dari Citilink, Lion Air, dan Air Asia. Adapun himgga hari ini ada 30 penerbangan yang dilayani di YIA”, kata Pandu di Bandara YIA, Jum’at (4/10/2019).

Pandu berharap, banyak masyarakat yang akan menggunakan jasa penerbangan di bandara YIA. Meski pada saat ini aksesbilitas menuju YIA masih menjadi catatan, namun masyarakat jangan merasa khawatir karena sudah ada rencana membuat jalan tol menuju YIA dan akan ada jalur kereta api ke terminal bandara.

Untuk jalur kereta, lanjut Pandu, koordinasi dengan PT KAI Daop VI Yogyakarta terkait penambahan rute perjalanan kereta api sudah dilakukan.

Pada saat ini, operasional Kereta Api Bandara baru mencapai tujuh lintasan yang berhenti di Stasiun Wojo, dari rencana keseluruhan yaitu 32 lintasan. Rute jalur kereta yang belum terakomodir, masih menunggu izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

“Untuk mendukung penambahan penerbangan, sarana angkutan taksi juga ditambah menjadi 40 armada dari sebelumnya 20 armada. Tawaran kerjasama dari Taksi Online Kulon Progo (TOKP) kini juga diterima. Tambahan penerbangan harus diikuti juga dengan fasilitas pendukung aksesbilitasnya”, kata Pandu.

Sementara itu, beberapa penumpang yang naik pesawat wide body garuda Indonesia tersebut, adalah musisi Yovie Widianto. Dia merasa senang dan terhormat karena bisa mendarat perdana di YIA.

“Pendaratan yang seru tadi itu. Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi saya”, jelas Yovie.

Musisi senior ini menambahkan, Bandara YIA akan menjadi kebanggaan Yogyakarta bahkan Indonesia. Hal ini karena keberadaannya bisa mendukung perkembangan pariwisata dan budaya DIY dan sekitarnya.

Yovie BCL di YIA detakberita

Hal yang sama juga dirasakan oleh Artis Bunga Citra Lestari. Dia merasa bahagia karena bisa mencoba pendaratan di YIA untuk pertama kalinya.

“Senang karena pertama kali ini bisa landing (mendarat) di Yogyakarta International Airport (YIA). Disini keren, kelihatan sekali internasionalnya”, katanya.

Artis yang akrab disapa BCL ini menilai, jika YIA memiliki fasilitas yang lebih bagus dan modern. Karenanya dia berharap, pembangunan bandara YIA bisa segera selesai, dan juga dijaga oleh masyarakat yang mengakses layanannya.

“Saya senang dan bangga yang pasti. Aku seneng sih, excited, bangga nyobain disini”, ucapnya sambil tertawa.

Adapun BCL dan Yovie Widianto, bersama sejumlah artis lainnya, akan mengisi acara Batik Music Festival di kompleks Candi Prambanan pada Jumat 5 Oktober 2019.

DB

Related posts

Leave a Comment