Kesepakatan Politik Hantarkan Bamsoet Jabat Ketua MPR

Bamsoet Ketua MPR detak berita

Bamsoet Ketua MPR detak berita

JAKARTA, Detak Berita – Kesepakatan yang diambil oleh partai politik, hantarkan Bambang Soesatyo atau Bamsoet, sebagai Ketua MPR. Sebelumnya, sidang paripurna penentuan pimpinan MPR sempat di skors.

Dengan sikap Gerindra ini menegaskan 9 fraksi dan DPD mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR. Sebelumnya, paripurna sempat diawali dengan interupsi yang berujung diskors.

Pernyataan Gerindra disampaikan Ketua Fraksi di MPR, Ahmad Riza Patria yang setuju terhadap Bamsoet menjadi Ketua MPR.

“Kami fraksi Gerindra sepakat dan setuju mendukung Pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR periode 2019-2024”, kata Riza Patria dalam sidang paripurna, Kamis, 3 Oktober 2019.

Ia menambahkan dalam rangka memastikan tugas dan fungsi wewenang MPR berjalan di periode mendatang, Gerindra menyepakati musyawarah mufakat.

“Hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dengan Ibu Megawati, maka Pak Prabowo dan Ibu Megawati bersepakat, untuk kepentingan yang lebih besar kami bersepakat untuk terus menjaga lembaga MPR ini dalam forum musyawarah”, kata Riza.

Lalu pimpinan sidang Abdul Wahab Dalimunthe pun menanyakan persetujuan. “Apakah sudah setuju dengan pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR?” kata Wahab.

Lalu Riza pun menjawab. “Kami fraksi gerindra sepakat dan setuju usung Pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR RI 2019-2024”.

Paripurna berlanjut dengan pelantikan Bamsoet sebagai Ketua MPR. Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali membacakan sumpah pelantikan terhadap Bamsoet.

Selain Bamsoet, ada sembilan Wakil Ketua MPR yang juga dilantik yaitu Sembilan wakil ketua MPR itu adalah Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), Lestari Moerdijat (Nasdem), Jazilul Fawaid (PKB), Syarief Hasan (Demokrat), Hidayat Nurwahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP), Fadel Muhammad (DPD).

DB

Related posts

Leave a Comment