Kini, Menulis Jadi Ladang Bisnis Yang Menjanjikan dan Salahsatu Caranya Diungkapkan Dua Wartawan Senior

WhatsApp Image 2018-09-23 at 22.14.05

WhatsApp Image 2018-09-23 at 22.14.05SURABAYA, Detakberita – Mungkin sebagian orang tidak pernah memperkirakan, jika kemampuan menulis di era dunia digital saat ini sangat penting untuk menjadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Sebab, bisnis saat ini sangat membutuhkan  writerpreneur  (wirausaha di bidang menulis ) untuk  menulis sebuah produk maupun usaha jasa  agar lebih menarik ketika dimuat pada media online maupun media sosial.

Hal ini yang disarankan oleh Ir Okky Tri Hutomo, M IT salah satu sosok Tecnopreneur dan Founder Ustadsiana.com, saat berbagi tips dan pengalaman untuk bisa menjadi writerpreneur atau jurnalis pada talkshow di pameran Umrah, Haji dan Muslim lifestyle, di  City of Tomorrow Mall Surabaya, Minggu (23/9/2018).

“ Punya banyak barang tapi tidak bisa menulis tentang barangnya, padahal dari design barang sudah bagus, tapi mereka tidak bisa bercerita tentang produknya, maka sulit untuk bisa menjual barang tersebut, oleh karena itu penting untuk bisa menulis, “ujarnya

Ia menjelaskan bahwa, bagi seorang writerpreneur semua bisnis adalah pangsa pasar karena mereka bisa menceritakan apa yang saat ini menjadi bisnisnya melalui tulisannya ke berbagai media maupun media social. “ Yang dilakukannya adalah menulis tentang produk agar lebih diketahui, salah satu caranya  adalah dengan pancingan-pancingan judul  agar lebih menarik dan tidak terkesan iklan,“ujarnya.

Menurutnya,masyarakat saat ini sebetulnya bisa mengembangkan ekonominya sendiri, karena adanya internet dan media sosial. “ Hanya orang malas menulis saja sulit berkembang ekonominya, anda perlu tahu bahwa medsos diciptakan untuk orang yang rajin menulis, “tambahnya.

Pengguna media social di dunia saat ini mencapai 3,5 miliar dan sebagian yang paling banyak menggunakan facebook.  Dan Indonesia masih menempati peringkat keempat sebagai pengguna internet terbesar di dunia. “Kenapa ini tidak menjadi pasar kita, “tegasnya.

Sementara itu, Makin Rahmat salah satu wartawan senior yang juga pengurus PWI Jawa Timur mengungkapan bahwa, untuk memulai menulis tidaklah sulit, asal rajin membaca, sesuai tuntunan agama Islam, “Iqro’, bacalah, “katanya.

Selain itu, untuk menjadi penulis yang baik, harus diawali dengan rasa kejujuran,  Karena menulis juga mengungkapkan apa yang dilihat dan didengar dengan jujur menjadi suatu tulisan yang menarik untuk dibaca.  Menurutnya, tidak sulit untuk menemukan obyek menarik untuk ditulis. Dan hal tersebut bisa dilakukan saat bersantai maupun belanja di Mall.

“ Mengawali tulisan harus dengan kejujuran , tulisan harus jujur, kalau sudah terbiasa, lalu menulis pengalaman-pengalaman, “ujarnya. (win)

Related posts

Leave a Comment