Gubernur Jatim Beri Bonus Para Atlet Asian Games 2018

IMG-20180919-WA0072

IMG-20180919-WA0072Surabaya, Detakberita- Gubernur Jatim, Soekarwo, menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali emas Asian Games 2018. Acara penyerahan bonus dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXV di Universitas PGRI, Gelora Hasta Brata Adi Buana, Surabaya, Rabu (19/9/2018) pagi.

Selain itu, Atlet Jatim merupakan penyumbang sekitar 30-40 persen penghasil medali untuk Indonesia pada ajang pesta olahraga Asia Games 2018. Dari 31 cabang olahraga (cabor) yang menyumbangkan medali untuk Indonesia, sembilan cabor adalah sumbangan atlet Jatim yang mewakili Indonesia.

Gubernur Jatim, Soekarwo mengatakan, pada Asian Games 2018, ada 29 atlet yang berasal dari Jatim, ikut menyumbangkan medali bagi Indonesia. Atlet Jatim mampu menyumbangkan 12 medali emas, 6 medali perak dan 9 medali perunggu.

Dengan begitu, Pemprov Jatim mengeluarkan dana lebih dari Rp 5 miliar untuk memberikan apresiasi kepada para pahlawan olahraga yang berjaya di Asian Games 2018 tersebut. Rinciannya: Rp 200 juta untuk medali emas perorangan, Rp 66 juta untuk perak dan Rp 33 juta untuk peraih perunggu.

Selain itu, bonus senilai Rp 133 juta diberikan kepada medali emas nomor ganda, serta Rp 43 juta untuk perak nomor ganda. Sementara bonus senilai Rp 100 juta diserahkan untuk peraih medali emas nomor beregu. Bonus Rp 33 juta untuk medali perak nomor beregu, dan Rp 16 juta untuk medali perunggu nomor beregu.

Selain atlet, Pemprov Jatim juga mengucurkan bonus kepada para pelatih. Nilainya: Rp 150 juta untuk emas, Rp 50 juta untuk perak dan Rp 25 juta untuk perunggu.

“Sebetulnya prestasi itu tentunya tidak lepas dari peran semua pihak dalam mendukung kemajuan olahraga. Atlet yang tidak pernah berhenti berlatih, pelatih dan pembina yang kerja keras dalam memberikan ilmu dan motivasi bagi para atlet. Kemudian peran dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Prov Jatim, KONI Jatim yang selalu berkolaborasi dengan stakeholder dalam mewujudkan Jatim yang memiliki kualitas yang baik,” ujar pak de Karwo.

Dari 12 medali emas itu, enam di antaranya didapat dari nomor perorangan, yakni Eko Yuli Irawan (angkat besi), Jafro Megawanto (paralayang), Aji Bangkit Pamungkas (pencak silat), Sarah Tria Monita (pencak silat), Tiara Andini (balap sepeda), dan Rifki Ardiansyah ArRosyid (karate)

Sementara enam medali emas lainnya diperoleh dari nomor ganda atau beregu, seperti Jafro Megawanto, Joni Efendi, dan Roni Pratama (beregu putra paralayang), Ihram dan Isadi Ardi (dragon boat), Rindi Supriyanto dan Abudzar Yulianto (sport climbing), Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi (tenis lapangan), Kevin Sanjaya (bulu tangkis) dan Syaiful Rijal (sepak takraw). (Mad)

Related posts

Leave a Comment