Terobosan Baru, LPKAN Terbentuk, Siap Mengawasi Kinerja Pemerintah

lpkan

lpkanSURABAYA,Detakberita-Guna mengontrol kinerja pemerintah di berbagai sektor layanan publik, LSM Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara (LPKAN) siap melakukan terobosan baru bagi lapisan masyarakat yang diklaim bermuara pada kepentingan masyarakat.‎

‎Menurut Ketum DPP LPKAN, H. Raden Muhammad Ali, kehadiran lembaganya guna membangun bangsa dan berkomitmen penuh bagi kepentingan masyarakat.

LPKAN berdiri berdasarkan keputusan MENKUMHAM RI NOMOR AHU-0001143.AH.01.0Z. TAHUN 2018 Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Pengawas Kinerja Aparatur Negara tanggal 30 Januari 2018 Tegas H. Raden.

LPKAN akan berupaya dengan sekuat tenaga membantu masyarakat secara maksimal baik bidang kesehatan, pendidikan, usaha maupun bidang lain yang berhubungan dengan pelayanan publik,” kata H Raden, Rabu (29/8).

Dia mencontohkan, pada bidang kesehatan harus ada sistem database pasien yang terintegrasi, baik di rumah sakit maupun puskesmas.

“Pemerintah harus memaksimalkan pelayanan publik di rumah sakit atau puskesmas, bagaimana pasien dalam hal ini adalah masyarakat ketika datang harus dilayani secara maksimal, petugas dan dokter harus care dengan pasien,” ucapnya.

Menurut dia, harus ada database online terkait rekam medis pasien, hanya dengan kartu identitas maka semua riwayat penyakit pasien sudah ada, tidak perlu tes kesehatan lagi yang berbelit-belit. “Rekam medis pasien terdeteksi hanya dengan sekali klik,”‎lanjutnya.

Selain itu, untuk bidang pendidikan sambung dia, pemerintah melalui instansi di bawahnya seharusnya mempunyai sistem report perkembangan belajar siswa untuk disampaikan kepada orang tuanya setiap hari.

“Sekolah harus memberikan pelayanan secara maksimal dibidang pendidikan, mengingat pendidikan merupakan pondasi berdirinya SDM bangsa ini,” jelasnya. ‎‎

Dia mengungkapkan alasan kehadiran lembaganya yakni sebagai oposisi sekaligus mitra pemerintah dalam menyumbangkan gagasan untuk mewujudkan pelayanan prima.

“Kita sebagai oposisi yang mengontrol pemerintah namun kita juga bisa sebagai mitra untuk mencari solusi bersama, bahkan LPKAN akan menyumbangkan pemikiran-pemikiran kami untuk permasalahan pelayanan yang ada, namun jika masukan LPKAN tidak dihiraukan maka tidak menutup kemungkinan kami akan melakukan langkah hukum atau perlawanan,” ucapnya. ‎

Dalam waktu dekat, LPKAN diketahui Sudah Membentuk melantik dan mendeklarasikan 5 DPD serta 15 DPC Kab/Kota di Jawa Timur dan rencananya akan melakukan pelantikan dan deklarasi di seluruh Indonesia.S

Selain itu LPKAN akan membuka layanan aduan masyarakat dan pelatihan kader bangsa untuk mempersiapkan SDM Indonesia yang berkualitas. (‎win)

Related posts

Leave a Comment