Minyak Tumpah Di Teluk Dalam, Pertamina Terancam Tuntutan Hukum

Tumpahan Minyak Teluk Dalam front detak berita

Tumpahan Minyak Teluk Dalam detak berita

Teluk Dalam Tercemar Tumpahan Minyak Pertamina

AMBON, Detak Berita — Kebocoran tangki penampungan minyak milik Terminal BBM Pertamina Wayame, Kota Ambon berdampak pada lingkungan sekitar.

Pakar Lingkungan Universitas Pattimura, Abraham Tulalessy menyebutkan Pertamina harus bertanggung jawab atas kejadian Rabu kemarin. Pasalnya BBM jenis avtur yang tumpah telah mencemari Teluk Dalam.

Pertamina telah menjamin tidak ada pencemaran lingkungan, lantaran di jalur air keluar melalui TBBM telah di recovery dengan oil spill dispersant.

GoTravelKita.com

Tulalessy menyebutkan dampaknya akan menganggu biota laut, serta organisme lain, berpengaruh pada penyerapan makanan biota laut termasuk keberlangsungan hidup ikan pelagis di permukaan laut ikut terancam.

“Sangat berdampak pada ikan pelagis yang hidup di permukaan laut. Kalau muncul ke permukaan sudah dipenuhi tumpahan minyak”, tuturnya, Kamis (16/8/2018).

Masyarakat pesisir pun akan menerima dampaknya, terutama saat air laut pasang. Mereka yang masih menggantungkan air bersih dari sumur sangat memungkinkan menerima dampak langsung.

“Minyak yang mengalir sampai ke permukaan laut sudah pasti terserap tanah. Nah, ini sangat mudah mencemari sumur di sekitar situ. Untuk membuktikan tetap harus dikaji. Sejauh ini, belum ada laporan masyarakat yang menyebutkan sumur mereka tercemar minyak”, tandasnya

Dinas Lingkungan Hidup Kota Ambon diminta segera membuat kajian dampak tumpahan minyak di Teluk Dalam dan Kali Taheng, karena dasar itu bisa dijadikan laporan untuk menggugat Pertamina dengan Undang Undang Lingkungan.

DB

Related posts

Leave a Comment