PBNU : RUU Sumber Daya Air Harus Berpihak Semua

PBNU RUU Sumber Daya Air detak berita

PBNU RUU Sumber Daya Air detak berita

RUU Sumber Daya Air Harus Berpihak Semua

SURABAYA, Detak Berita — Pengurus Besar Nahdlatul Ulama meminta Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang sumber daya air tidak boleh memihak siapapun, dan pembahasannya harus melibatkan semua stakeholder.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU),  H. Imam Pituduh, SH. MH mengatakan, RUU tentang pengelolaan air nantinya tidak boleh memihak pada siapapun dan pengelolaan air harus lebih maksimal, oleh karena itu stakeholder harus dilibatkan,

GoTravelKita.com

“RUU harus melibatkan stakeholder, civil society, dan majelis agama harus diajak ngomong, peridustrian juga diajak ngomong, didalam RUU tidak boleh ada anti komersialisasi, investasi boleh datang ke Indonesia, tapi yang menjadi catatan adalah negara harus hadir mengorchestrasi regulasi dengan benar“, ujarnya, dalam workshop tentang pengelolaan sumber daya air, di Surabaya, Selasa (14/8/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa RUU pengelolaan SDA tersebut sudah hampir final, dan PBNU sudah melakukan diskusi hingga naskah rancangan ke DPR RI.

Ada beberapa hal yang dikritisi oleh PBNU dalam RUU tersebut yaitu soal perijinan dalam usaha pengelolaan air.

Selain itu ada hal yang lebih penting yaitu adanya titik temu dari berbagai pihak dalam pengelolaan SDA serta memitigasi air agar tidak terjadi bencana yang diakibatkan oleh sumber daya air.

“Masyarakat tidak boleh tidak percaya pada industri dan pemerintah, RUU harus memberikan ruang publik agar tidak terhjadi pertikaian antara masyarakat, pemerintah, dan pelaku industri”, tambahnya. (win)

DB

Related posts

Leave a Comment