Ini Pesan PBNU Soal Pentingnya Sumber Daya Air

PBNU Soal Sumber Daya Air detak berita

PBNU Soal Sumber Daya Air detak berita

Pesan PBNU Soal Pentingnya Sumber Daya Air

SURABAYA, Detak Berita — Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sebagai ormas terbesar di Indonesia berpesan sumber daya air penting karena air sangat dibutuhkan oleh seluruh umat dan mahluk hidup, apalagi pada tahun 2050 jumlah penduduk duinia diperkirakan akan bertambah menjadi 9,8 miliar.

“Kalau agama jelas, Tuhan menjadikan air sumber kehidupan, tidak ada kehidupan tanpa air. Air harus selalu ada, mulai bangun sampai tidur seluruh mahluk membutuhkan. Bahkan flora dan fauna juga membutuhan air. Jika sampai air langka, seluruh kehidupan ekosistem akan terancam“, ujar Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H. Imam Pituduh, SH. MH, di Surabaya, Selasa (14/8/2018).

GoTravelKita.com

Didalam ajaran Islam pun Nabi Muhammad SAW berpesan agar tiga hal tidak boleh dimonopoli oleh siapapun.

Tiga hal tersebut yaitu sumber daya air, sumber daya hutan, dan sumber daya energi yang kesemuanya tersebut harus betul didedikasikan untuk seluruh mahluk hidup atau hajat hidup manusia.

Almak, Walkala, Wannar Lil Jami’, atau semuanya harus didedikasikan untuk mahlauk hidup“, tambahnya.

Oleh karena itu, PBNU mengajak masyarakat bersama-sama untuk peduli akan keberadaan sumber daya air dan melakukan pengelolaan dengan benar.

Selain itu, pihaknya berharap masyarakat mempercayakan pada pemerintah untuk pengelolaan air dan juga berharap pemerintah menjadi penengah semua pihak yang berkepentingan dalam sumber daya air. (win)

DB

Related posts

Leave a Comment