Satpol PP Bongkar Indekos Mewah di Menteng Akibat Tak Kantongi IMB

Satpol PP Bongkar Indekos Mewah di Jakarta detak berita

Satpol PP Bongkar Indekos Mewah di Jakarta detak berita

Petugas sedang membongkar indekos yang tidak memiliki IMB

JAKARTA, Detak Berita — Bangunan indekos mewah di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (Jaksel), digempur petugas, Senin (13/8/2018).

Tindakan tegas tanpa pandang bulu ini dilakukan karena bangunan dua lantai tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan yang memimpin penertiban ini mengungkapkan, kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi Walikota Jaksel, serta rekomendasi dari Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Sudin Citata) Jaksel.

GoTravelKita.com

Pembongkaran ini dilakukan tujuannya untuk memberi efek jera bagi warga supaya sebelum membangun mengurus izin dahulu.

“Secara teknis dari Sudin Citata, bangunan ini berdiri tanpa IMB. Selain itu, ini buat pelajaran kepada masyarakat agar mengurus perizinan sebelum membangun. Dalam pembongkaran ini kami tidak pandang bulu, siapapun yang melanggar pasti akan kami tindak tegas”, kata Ujang didampingi Kasi Trantibum, Luasman Manihuruk.

Selain itu, lanjut Ujang, penertiban ini juga sekaligus untuk menegakkan Perda Nomor 07 Tahun 2010 tentang Bangunan-Bangunan Gedung, dan Pergub Nomor 128 Tahun 2012 tentang pengenaan sanksi bagi yang melanggar pembangunan.

Ujang juga mengimbau kepada warga, apabila ingin membangun rumah supaya mengurus ijin terlebih dahulu. Sebab dalam pembuatan izin sangat mudah, warga tinggal datang ke PTSP.

Kasektor Citata Kecamatan Setiabudi, Bambang Widiyanto membenarkan pernyataan Ujang.

Dirinya menjelaskan bahwa bangunan yang diperuntukan untuk indekos sebanyak 12 kamar itu ditertibkan lantaran memang belum memiliki IMB.

“Kami tertibkan bangunan ini, kemudian kami segel, setelah pemilik mengurus perizinannya, bangunan tersebut bisa dibangun kembali”, pungkas Bambang.

DB

Related posts

Leave a Comment