Festival Condet 2018 Juga Tampilkan Reog Ponorogo Dan Angklung

Festival Condet 2018 Reog Ponorogo detak berita

Festival Condet 2018 Reog Ponorogo detak berita

Festival Condet juga diramaikan dengan Reog Ponorogo.

DETAK TRAVEL, Detak Berita — Ketua Panitia Festival Condet, Hafidz Setiawan mengungkapkan, diangkatnya tema ‘Pesta Rakyat Budaya’ untuk festival tahun ini sebab ia ingin semua elemen masyarakat dan budaya turut memeriahkan festival tersebut. Bukan hanya budaya Betawi dan warga Condet saja yang meramaikan.

“Banyak yang nanya nih, kenapa temanya pesta rakyat budaya, ane ma panitia mau mengundang seluruh elemen masyarakat dan elemen budaya lainnya ikut serta di Condet. Karena di Condet bukan Betawi saja. Tapi tetep 80 persen isinya budaya Betawi”, ujar Hafidz pada Sabtu (28/7/2018) di Jalan Raya Condet, Balekambang, Jakarta Timur.

Pada Festival Condet ketiga ini, budaya yang dihadirkan pun lebih beragam, seperti Reog Ponorogo yang merupakan budaya Jawa Timur, Angklung yang berasal dari Sunda, ada pula Tanjidor ala Timur Tengah.

GoTravelKita.com

Di Festival Condet ini pun terdapat empat panggung yang menampilkan penampilan yang berbeda, yakni ada panggung utama, panggung Islami, panggung Condet kreatif, dan panggung pencak silat.

“Kalau Condet kreatif isinya ada lomba menggambar, lomba mewarnai, itu untuk anak-anak dari umur enam tahun sampai sembilan tahun. Terus ada mural juga itu untuk anak kuliah ke atas. Condet kreatif di sini jadi kita ingin menunjukkan budaya tapi melalui visual. Kalau di panggung Islami itu ada hadroh”, tambahnya.

Sementara di Panggung Utama tentu berisikan berbagai pengisi acara dari Nusantara. Mulai dari tarian, lenong Betawi, dan lainnya.

Lalu untuk panggung pencak silat, tentu berisikan penampilan para jawara pencak silat.

Pengisi acara pun kata Hafidz, ada sekitar 500-800 peserta, mulai dari anak-anak usia sekolah dasar (SD) sampai orang dewasa yang berasal tidak hanya dari Condet saja namun Jabodetabek.

Festival Condet akan diadakan selama dua hari yakni mulai Sabtu (28/7/2018) hingga Minggu (29/7/2018) berturut-turut sejak pukul 09.00 – 23.00 WIB. Di mana pada malam Minggu nanti akan ada malam puncak dari Festival Condet ini.

“Di malam puncak akan ada penampilan dari band-band Betawi, itu adanya nanti Minggu malam di panggung utama”, tandasnya.

Festival Condet dihadiri oleh Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol. Yoyon Tony Surya Putra, Danrem 051 Wijayakarta Kolonel Inf. Bobby Rinal Makmun, Camat Kramat Jati Eka Darmawan, Lurah Balekambang, Lurah Batu Ampar, dan tokoh masyarakat.

Festival ini pun dibuka dengan pawai budaya yang terdiri dari ondel-ondel, tanjidor Betawi, Reog Ponorogo, Angklung, Merching Band, Tari Sirih Kuning, Tari Lenggang Nyai, dan Tari Puspanjali dari Bali.

DB

Related posts

Leave a Comment