Kemenag Jatim Telusuri KBIH Yang Gagal Berangkatkan 16 Calon Jemaah Haji

Kemenag Jatim Usut KBIH Gagal Berangkat detak berita

Kemenag Jatim Usut KBIH Gagal Berangkat detak berita

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Achmad Faridul Ilmi

SURABAYA, Detak Berita — Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Achmad Faridul Ilmi, menyatakan pihaknya masih menelusuri kasus Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Haromain yang gagal memberangkat sebanyak 16 calon jemaah haji ke Tanah Suci.

“Kami sedang melakukan klarifikasi dan meninjau ulang status KBIH tersebut. Intinya kami konsen menjalankan prosedur, hanya calon jemaah haji yang berhaklah yang diberangkatkan. Mereka yang berkasus di Lumajang itu jelas tidak berhak, bahkan terindikasi pidana karena ada pemalsuan berbagai data”, tuturnya, Jum’at, (27/7/2018).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lumajang, Muhammad, menjelaskan kasus penipuan ini terungkap berdasarkan pengaduan masyarakat tentang adanya rekayasa data dan berkas calon jemaah haji penggabungan dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

GoTravelKita.com

“Dari informasi tersebut, pihaknya kemudian melakukan verifikasi ulang data dengan memanggil pengurus KBIH Al Haromain. Dari pertemuan tersebut, pengurus KBIH mengaku telah membantu merekayasa data”, ujarnya.

Setelah diberikan pembinaan, jelas Muhammad, keenam belas CJH ini bersedia menunda keberangkatan, dan dikembalikan sesuai dengan estimasi nomer porsi mereka. Masing-masing jemaah juga sudah menandatangani surat pernyataan.

Muhammad mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap setiap upaya menyimpang dalam proses pemberangkatan haji.

“Cek estimasi keberangkatan kepada Kankemenag setempat agar mendapat informasi yang lebih valid”, tandasnya.

Sebagai informasi, diketahui beberapa hari lalu sebanyak 16 calon jemaah haji dari KBIH Haromain Lumajang gagal berangkat ke Tanah Suci.

Sementara ini, diduga KBIH Haromain melakukan pemalsuan dokemen calon jemaah haji. (aab)

DB

Related posts

Leave a Comment