Cegah Terorisme Masuk, PTN / PTS Umum Harus Perbanyak Mata Kuliah Agama

PTN PTS Cegah Terorisme detak berita

PTN PTS Cegah Terorisme detak berita

PTN / PTS Umum Harus Perbanyak Mata Kuliah Agama

SURABAYA, Detak Berita — Dalam tahun ini kampus dinilai banyak kalangan sebagai tempat berkembangnya faham radikalisme atau terorisme.

Oleh karena itu Pemerintah harus mengupayakan banyanya jam pelajaran agama di dalam di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta (PTN/PTS) umum.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengamat Terorisme dan Radikalisme dalam Islam, Al Chaidar, pada Diskusi Interaktif tentang Kajian Religius Ekstremisme dalam Perspektif Psikologi dan Sosiologi, di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Senin (23/7/2018).

GoTravelKita.com

Ia mengungkapkan studi kasus tentang kalangan kampus atau mahasiswa yang memiliki faham radikalisme atau terorisme lebih banyak disebabkan faktor individu yang kering spiritual atau ajaran agama.

“Oleh karena itu kelompok terorisme datang menawarkan sesuatu yang menjanjikan atau kesejukan ditengah-tengah kegersangan spiritual dan hal ini yang dibutuhkan kelompok mahasiswa, padahal itu menjebak menjebak mereka”, ungkapnya.

Ia menambahkan salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah memperbanyak mata kuliah agama, dan bukan mengurangi jam mata kuliah agama.

“Dengan memperbanyak mata kuliah agama, diharapkan agar mahasiswa bisa membedah isu-isu agama secara lebih kritis dan secara lebih bebas, sebab dikampus segala teori bisa berkembang, berbeda dengan kelompok jamaah pengajian yang secara eksklusif menawarkan doktrin saja, dan tidak bisa didiskusikan di tempat”, tambahnya.

Dikatakannya, sebenarnya kampus memiliki self imun yang kuat, daya tangkal dan daya tolak yang tinggi terhadap faham radikalisme atau terrorism, karena di kampus selalu dikembangkan cara berfikir yang kritis, rasional, dan logis. (win)

DB

Related posts

Leave a Comment