Amerika Serikat Akan Tinjau Ulang Tarif Impor Produk Indonesia

Mendag Perketat Impor detak berita

Mendag Perketat Impor detak berita

Tarif Impor untuk Indonesia Bakal Diperketat

JAKARTA, Detak Berita — Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan minggu depan akan berangkat ke Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan Kementerian Perdagangan AS (USTR).

Pertemuan dengan USTR ini, merupakan tindak lanjut dari upaya Indonesia melakukan lobi lewat surat kepada USTR, terkait rencana AS untuk meninjau ulang fasilitas keringanan tarif bea masuk Generalized System of Preference (GSP) pada akhir Juli 2018, yang akan berdampak pada sekira 3.547 produk impor dari Indonesia.

“Kementerian Perdagangan mendapat dukungan dari Dubes Indonesia di AS dan Kementerian Luar Negeri dalam melakukan pendekatan dan lobi melalui surat menyurat. Namun, Dubes menyarankan agar perundingan dilakukan langsung tidak melalui surat menyurat”, ujar Enggar usai bertemu dengan para pelaku usaha di gedung Kemendag Jakarta, Jum’at (13/7/2018) petang.

GoTravelKita.com

Menurutnya, dari sejumlah negara yang menerima fasilitas GSP dari AS, Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang oleh USTR untuk duduk bersama guna membahas rencana peninjauan ulang GSP tersebut.

“Rencana peninjauan ulang fasilitas itu adalah hak setiap negara. Karenanya, hari ini, Kemendag mengundang para pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk menerima masukan sebelum tim Kemendag berangkat ke AS”, kata Enggar.

Ia menegaskan, kehadirannya di AS bukan untuk bernegoasiasi, tapi untuk meyakinkan pemerintah AS bahwa Indonesia masih pantas menerima fasilitas keringanan tarif bea masuk tersebut.

“Kami optimis, pertemuan nanti hasilnya akan positif”, tanda Mendag.

DB

Related posts

Leave a Comment