Indonesia Yakin Habisi Malaysia Pada Semifinal Piala AFF U-19

Timnas U19 detak betita

Timnas U19 detak betita

Timnas U19 (PSSI on Instagram)

DETAK SPORT, Detak Berita — Timnas Indonesia U-19 bentrok dengan Malaysia U-19 dalam partai semifinal Piala AFF U-19 2018. Laga klasik ini akan berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoardjo, Kamis (12/7/2018) pukul 19.00 WIB.

Sebelum melangkah ke semifinal, Indonesia bertengger di peringkat dua atau runner up Grup A. Sementara, Malaysia melaju ke semifinal dengan predikat sebagai juara Grup B.

Sepanjang babak penyisihan grup, Indonesia bermain lima kali dengan hasil empat kali menang melawan Laos (skor 1-0), Singapura (4-0), Filipina (4-1), dan Vietnam (1-0).

GoTravelKita.com

Kemudian pada laga pamungkas kalah oleh Thailand (2-1). Alhasil Garuda Nusantara hanya mampu mengemas 12 poin atau tertinggal 3 poin oleh Thailand yang meraih poin sempurna.

Sementara, Malaysia selama babak penyisihan grup B berhasil menang 3 kali melawan Kamboja (2-0), Brunei (2-0), dan Myanmar (1-0), serta imbang satu kali atas Timor Leste (1-1). Harimau Malaya keluar sebagai juara grup B dengan perolehan 10 poin atau unggul 3 poin atas runner up Myanmar.

Secara head to head, empat pertandingan terakhir Indonesia versus Malaysia hampir selalu dimenangkan Malaysia. Timnas Indonesia U-19 hanya bisa menahan imbang sekali pada Piala AFF U-19 dengan skor 1-1. Tiga pertandingan sisanya selalu dimenangkan Malaysia.

Namun, duel di semifinal Piala AFF U-19 2018 ini tentu berbeda. Bermain di hadapan suporter sendiri, tentu peluang Tim Garuda Nusantara sangat terbuka.

Pelatih Indra Sjafri pun memastikan Indonesia U-19 percaya diri alias pede meraih hasil positif. Kekalahan 1-2 atas Thailand pada laga pamungkas Grup A telah dijadikan bahan evaluasi timnya untuk tampil lebih baik.

Terlebih, pada pertandingan yang akan disiarkan langsung televisi swasta ini, penyerang Egy Maulana kemungkinan bermain setelah mengikuti latihan pramusim bersama klubnya di Lechia Gdansk, Liga Polandia. Pemain 18 tahun itu sebelumnya tidak dapat tampil karena belum memperoleh izin dari klubnya.

“Siapapun yang lolos (dari Grup B), kami akan siap untuk pertandingan itu. Mudah-mudahan kami bisa bertemu dengan Thailand lagi di final”, kata Indra.

Adapun Malaysia juga memberikan komentar atas pertandingan yang akan dilakoni melawan tuan rumah Indonesia. “Indonesia tim yang kuat. Kami sudah penah bertemu mereka sebelumnya”, kata pelatih timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak.

Meski begitu, pelatih asal Kroasia itu yakin Malaysia dapat merepotkan Indonesia dan bermain lepas untuk memenangkan laga tersebut.

“Indra Sjafri seorang pelatih yang punya filosofi sepak bola menyerang. Dan dengan dukungan luar biasa dari suporter tuan rumah, menjadikan Indonesia sangat kuat. Tapi, melihat situasi ini, kami tidak berada di bawah tekanan. Tekanan justru ada di pihak Indonesia. Kami akan bermain sebaik mungkin”, ucap Bojan.

Ia pun mengaku sudah memiliki strategi untuk meredam serangan Indonesia. Salah satunya dengan menempel ketat tiga pemain andalan Indonesia U-19.

“Egy Maulana Vikri, Todd Ferre, dan Saddil Ramdani mendapat atensi kami”, ucap Bojan.

Masyarakat Indonesia tentu berharap Timnas U-19 menang dan melaju ke partai puncak. Kemenangan juga bakal mengobati luka yang pernah diberikan Malaysia U-19 pada kualifikasi Piala U-19, November 2017. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 dihancurkan Malaysia dengan skor 1-4.

Semangat! Garuda Muda! Indonesia pasti bisa!

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia U-19 (4-2-3-1): 1-Muhamad Riyandi; 20-Asnawi Mangkualam, 5-Nurhidayat Haris, 2-Kadek Raditya, 29-David Rumakiek; 7-Luthfi Kamal, 17-Syahrian Abimanyu; 8-Witan Sulaeman, 10-Egy Maulana, 15-Saddil Ramdani; 9-Rafli Mursalim.

Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia U-19 (4-4-2): Shafiq Afifi; Shivan Asokan, Muhammad Anwar, Nabil Hakkim, Muhammad Syaiful; Muhammad Nurfais, Thivandaran Karnan, Ammar A., Nik A. Syahiran; Muhammad Ahkyar, Muhammad Hadi Fayyadh.

Pelatih: Bojan Hodak

DB

Related posts

Leave a Comment