Beragam Daya Tarik Menarik Dimiliki Oleh Desa Wisata Nglinggo Yogyakarta

Desa Wisata Nglinggo Jogja detak berita

Desa Wisata Nglinggo Jogja detak berita

Desa Wisata Nglinggo Yogyakarta

DETAK TRAVEL, Detak Berita — Terjebak dalam rutinitas dan hiruk-pikuk kota kerap membuat manusia rentan stress. Karena itu diperlukan jeda untuk menikmati keindahan Sang Pencipta.

Jika tinggal di Yogyakarta, biasanya Kaliurang adalah opsi untuk melarikan diri dari rutinitas dan menikmati udara segar pegunungan.

Tapi tahukah Anda? Ternyata Jogja juga memiliki dataran tinggi lain yang bisa dijadikan alternatif liburan.

Di tempat ini wisatawan bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sekaligus melakukan tea walk alias jalan-jalan menyusuri kebun teh.

Tempat tersebut adalah Desa Wisata Nglinggo.

GoTravelKita.com

Pesona Kebun Teh, Hutan Pinus, Hingga Air Terjun Kebun Teh Nglinggo memang menjadi pesona utama desa wisata ini.

Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo bisa berjalan kaki menyusuri petak demi petak perkebunan teh yang terletak di ketinggian 800 m dpl.

Dari kebun teh, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan bukit batu dengan bentuk yang menarik, perkampungan di Kabupaten Magelang dan Purworejo, hutan pinus yang lebat, serta hamparan lembah menghijau laksana karpet tebal.

Selain kebun teh, pesona lain yang ditawarkan oleh Desa Wisata Nglinggo adalah air terjun yang berada di ketinggian 900 m dpl.

Oleh warga sekitar air terjun ini disebut dengan nama Curug Watu Jonggol.

Wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini harus trekking melewati medan yang cukup menantang. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan kondisi Curug Watu Jonggol masih sangat alami, lengkap dengan tumbuhan dan satwa khas dataran tinggi.

Tak hanya wisata alam, Nglinggo juga kaya dengan wisata budaya.

Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo bisa belajar pertanian, peternakan kambing, dan seni di tempat ini. Mulai belajar menari lengger, jathilan, membuat topeng, hingga membatik bisa wisatawan lakukan di sini.

Lokasi dan Akomodasi

Desa Wisata Nglinggo terletak di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Desa wisata ini masih satu kawasan dengan obyek wisata Puncak Suroloyo.

Sebagai desa yang pernah mendapatkan juara 3 dalam lomba Desa Wisata Nasional, tempat ini sudah melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas seperti tempat pertemuan dengan kapasitas 100 orang, pusat jajanan, areal parkir yang luas, bumi perkemahan, dan homestay untuk wisatawan yang ingin merasakan suasana menginap di desa.

DB

Related posts

Leave a Comment