BPBD Denpasar Soroti Pengawasan Yang Kurang Baik, Penyebab Pelabuhan Benoa Kebakaran Lagi

BPBD Denpasar Sesalkan Pelabuhan Benoa Terbakar Lagi detak berita

BPBD Denpasar Sesalkan Pelabuhan Benoa Terbakar Lagi detak berita

DENPASAR, Detak Berita — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menyesalkan musibah kebakaran kembali terjadi di Pelabuhan Benoa Bali, Senin (9/7/2018). Kebakaran yang terjadi sejak pukul 02.00 wita dini hari tersebut menghanguskan 40 kapal penangkap ikan dengan kerugian diperkirakan mencapai milyaran rupiah.

Sekretaris BPBD Kota Denpasar Ardi Ganggas mengatakan musibah kebakaran tersebut semestinya tidak perlu terjadi bila semua pihak melakukan pengawasan ketat.

Kejadian tersebut secara tidak langsung menimbulkan kesan tidak mengenakkan, mengingat dalam waktu dekat Bali akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF-Word Bank Oktober mendatang.

“Saya lihat kapal-kapal itu sangat mepet. Kejadian ini sangat menyesalkan kita semua yang seharusnya tidak perlu terjadi. Apalagi berdekatan dengan event IMF yang akan datang, ini membuat tidak enak, Presiden IMF baru saja pulang dari Bali untuk melihat kesiapan kita semua dan hari ini terjadi kejadian, ini memerlukan perhatian kita bersama”, ujarnya.

Ardi Ganggas mengatakan dugaan awal kebakaran tersebut akibat arus pendek yang terjadi di salah satu kapal, namun dengan jarak kapal yang saling berdekatan dan penuh terisi bahan bakar minyak menyebabkan si jago merah dengan cepat melalap kapal-kapal lainnya.

“Kalau mepet kapalnya iya, tapi kalau kapalnya tua kami belum sempat selidiki, karena dari informasi otoritas Pelabuhan Benoa kapal-kapal tersebut masih layak untuk difungsikan. Hanya saja kurangnya pengawasan sehingga saat terjadi kebakaran orang-orang itu tidak ada, kapal tunda yang seharusnya mampu mendorong juga tidak ada, sehingga dampaknya menjadi kebakaran hebat”, ungkapnya.

Tidak saja kebakaran pukul 02.00 WITA dini hari , namun kebakaran di Pelabuhan Benoa juga sempat terjadi tanggal 2 Juli lalu menghanguskan 8 kapal penangkap ikan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya sejumlah petugas BPBD dan relawan yang mengalami luka ringan akibat kejadian tersebut.

DB

Related posts

Leave a Comment