Seminggu Pasca Bom Surabaya, Kapolda, Gubernur Dan Pangdam Jatim Sidak Gereja, Nyatakan Aktifitas Normal

64310_20-05-2018_11-03-35_

64310_20-05-2018_11-03-35_Surabaya, Detakberita- Seminggu pascatragedi bom gereja di Surabaya, tiga tokoh penting yakni Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Gubernur Jatim meninjau keamanan dan situasi di beberapa gereja di Kota Surabaya, Minggu (20/5/2018).

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, dari pantauan di beberapa gereja yang dikunjungi, situasinya sudah normal kembali.

“Semuanya sudah kita tanya ke Romo, ke Pendeta, sudah normal kembali dan memang ibadahnya ada yang beberapa kali di hari Sabtu dan Minggu, dan semuanya kita jaga seperti biasa,” kata Irjen Pol Machfud Arifin di sela meninjau situasi keamanan gereja di Surabaya, Minggu (20/5).

Pagi tadi, Kapolda bersama Gubernur Jatim Soekarwo dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, serta pejabat utama Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya serta Pemprov Jatim, meninjau situasi keamanan beberepa gereja di kawasan Ngagel, Jalan Polisi Istimewa, hingga di kawasan G-Walk, Ciputra, Surabaya.

“Sudah menggeliat, sudah normal kembali. Saya bersama pak gubernur, pak pangdam hanya mengecek anggota ada di lapangan. Ternyata pagi-pagi ada semuanya di lapangan,” ujarnya.

“Bukan hanya anggota TNI dan Polri saja, tapi juga ada unsur lainnya, ada Banser, Satpol PP, bahkan ada pramuka yang pakai jilbab ikut jaga di salah satu gereja,” tuturnya.

Kapolda menegaskan, Polri dan TNI serta elemen masyarakat lainnya siap memberikan bantuan pengamanan orang beribadah di gereja.

“Yang penting kita hadir dengan pak gubernur, dengan pak pangdam menjaga Surabaya ini,” ujarnya.

Sampai kapan pengamanan seperti ini dilakukan?. “Kita tidak berharap terus berkelanjutan pengamanannya seperti ini, ya kembali normal seperti biasa,” jelasnya.

Kapolda menerangkan, beberapa hari pascateror bom gereja di Surabaya, membuat ruas jalanan terpantau sepi. Namun pada beberapa hari terakhir ini, kondisi jalanan kembali ramai dan normal.

“Kita bersyukur, semua bahan pokok turun semuanya. Harga pasar turun termasuk bawang putih juga turun. Kemarin target Rp 24 ribu per kilogram, sekarang turun menjadi Rp 20 ribu,” katanya.

Kapolda berharap, Pakde Karwo tetap menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat. “Mudah-mudahan sampai lebaran juga sama dan pasokan semua cukup,” terangnya. (jn/win)

Related posts

Leave a Comment