Menjelang Debat Publik Kedua, Gus Ipul Kosongkan Kegiatan Khofifah Berlatih

WhatsApp Image 2018-05-07 at 14.59.23

WhatsApp Image 2018-05-07 at 14.59.23SURABAYA, Detakberita-Debat Publik ibarat pertarungan kedua pasangan calon (Paslon) secara langsung. Tim Pemenangan Paslon Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno meminta keduanya tidak beraktifitas mensosialisasikan diri, sedangkan Tim Pemenangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E. Dardak meminta keduanya berlatih dan memanggil pakar untuk memperdalam materi.

“Kami sudah meminta supaya besok tidak ada kegiatan apapun. Kami ingin Gus Ipul dan Mbak Puti beristirahat dan mempersiapkan prosesi debat,” kata Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti, Hikmah Bafaqih di kantor KPU Jawa Timur,(Senin,7/5).

Hikmah mengatakan, Gus Ipul dan Mbak Puti memiliki kegiatan yang sangat banyak. Dalam sehari ada sekitar 15 hingga 20 undangan yang harus didatangi, untuk itu pihaknya kesulitan untuk membagi waktu dan memfokuskan untuk memikirkan debat saja. Namun, secara umum Gus Ipul sudah memiliki gambaran debat-debat yang akan dilakukan nanti.

Sebagai seorang pemimpin, ungkap Hikmah, Gus Ipul akan menjalankan sistem pemerintahan secara tersetruktur. SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) tidak akan bisa bekerja sendiri, mereka membutuhkan tim dalam menyelesaikan masalahnya. Untuk itu, perlu tim bahkan Gus Ipul sendiri turun ke lapangan untuk mendengar kemudian membuat satu kebijakan serta melaksanakannya.

“Gus Ipul akan berperan sebagai leader dalam memimpin. Menguasai semua masalah iya…tetapi melaksanakan butuh semua tim,” ujarnya.

Untuk mensinkronkan pembahasan, Gus Ipul juga melakukan kordinasi melalui hanphone dengan Puti. Hal ini dilakukan karena waktu bertemu untuk membahas masalah debat tidak bisa terlaksana dengan baik. Meski demikian, Gus Ipul juga memanggil akademisi untuk mempertajam materi-materi yang akan diberikan dalan debat publik.

“Kita juga panggil akademisi untuk memantapkan materi yang ada. Kita sudah siap semua, dan kami tidak ingin ada debat kusir seperti debat pertama,” ungkap Hikmah.

Ketua Tim Pemenangan Khofifah Indar Parawansa-Emil E. Dardak, M. Roziqi juga sudah siap dengan proses debat yang diselenggarakan KPU Jawa Timur. Menurut dia, Khofifah sudah berlatih untuk mempersiapkan debat yang akan dijalankan besok (8/5) di Dyandra Convention Center.

“Bu Khofifah juga sudah memanggil pakar untuk memperdalam materi debat. Bu Khofifah tidak ingin apa yang diomongkan tidak dilandasi dengan data-data yang valid, makanya memanggil orang-orang yang sudah ahli,” katanya.

Roziqi mengaku, dalam debat besok bermaterikan mengenai ‘Ekonomi dan Pembangunan’. Pada bidang ini, Emil selaku wakil Khofifah dinilai lebih menguasai persoalan itu. Untuk itu, kordinasi pasangan ini dilakukan secara intensif, supaya jawaban yang diberikan lebih berbobot. “Kalau mas Emil kan lebih menguasai materi ini, tetapi kita sudah siap secara keseluruhan kok,” ungkap dia.

Divisi SDM dan Parmas Komisoner KPU Jatim, Gogot Cahyono Baskoro mengatakan pada debat putaran kedua mendatang pihaknya tidak merubah lokasi debat, bahkan acara tersebut kontennya tidak berbeda dengan debat pertama.

“Debat kedua mendatang tetap digelar di Dyandra Convention Center Surabaya, tema yang kita usung nantinya tentang ekonomi dan pembangunan Jatim,” katanya.

Perbedaan dengan debat yang kedua ini, kata Gogot yakni materi debat rencananya akan dibacakan oleh tim panelis, sementara debat yang pertama materi dibaca host (Pemandu acara). “Bedanya sementara hanya itu, yakni terkait pembacaan materi. Jika debat pertama yang membaca materi host, namun yang kedua ini langsung dibacakan panelis,” tegas Gogot.(arif )

Related posts

Leave a Comment