35 Ribu Sopir Taksi Dilatih Jadi Tour Guide

Kemenpar Latih Supir Taksi Jadi Tour Guide detak berita

Kemenpar Latih Supir Taksi Jadi Tour Guide detak berita

Menteri Pariwisata Arief Yahya

DETAK TRAVEL, Detak Berita — Para supir taksi Blue Bird akan dilatih oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menjadi pemandu wisata atau tour guide.

Kementerian Pariwisata akan melatih 35 ribu sopir di 18 kota yang menjadi tempat beroperasinya Blue Bird, untuk mendapatkan pelatihan mempromosikan destinasi pariwisata setempat.

“Jadi kita akan melatih, trainer hanya 100 orang. Jadi konsepnya training of trainer”, ungkap Arief, usai penandatanganan kerja sama Kementerian Pariwisata dengan Blue Bird, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (26/3/2018).

Go Travel Kita

Menpar ingin para wisatawan terutama wisatawan manca negara akan mendapatkan pengalaman positif, ketika menjelajahi suatu kota dengan layanan taksi setempat.

Ia membayangkan, bahwa nantinya para sopir taksi di Indonesia, khususnya Blue Bird akan memiliki kemampuan dan pemahaman terkait pariwisata seperti para sopir taksi di London, Inggris.

“Yang saya bayangkan seperti sopir taksi di London yang sangat tourism friendly”, ujar dia melengkapi.

Menpar ingin para sopir taksi nantinya memiliki pengetahuan destinasi wisata setempat lebih dari siapa pun. Di samping juga mesti memiliki empati kepada para penumpang dan wisatawan.

“Kalau bertepatan dengan kalender acara pariwisata, mereka wajib tahu dan memberitahukan destinasi terbaik, tahu rangkingnya, tahu atraksi yang bagus misal budaya dan kuliner”, kata Arief.

Dia mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan hal ini juga dilakukan oleh penyedia layanan taksi lain.

Meski demikian, menurutnya dengan 18 kota tadi, sudah mencakup dari 90 persen pasar dari destinasi yang paling banyak dikunjungi.

DB

Related posts

Leave a Comment