Keutamaan Shalat Tepat Waktu

Sholat Jamaah Kids detak berita

Sholat Jamaah Kids detak berita

Keutamaan Shalat Tepat Waktu

BERITA ISLAMI, Detak Berita — Sholat menjadi hal utama dan wajib dilakukan oleh ummat Muslim. Sholat tepat waktu menjadi amal perbuatan yang paling utama, seperti yang disampaikan Baginda Nabi Muhammad SAW:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا ……… (متفق عليه)

Artinya, “Rasulullah SAW ditanya, “amal perbuatan apa yang paling utama?”, beliau menjawab, “Sholat pada waktunya”.

Paling utamanya amal perbuatan adalah sholat pada waktunya. Maka wajib bagi manusia untuk tidak meremehkan sholat.

Karena sholat adalah wadah yang didalamnya terdapat barokah, doa yang mustajab, hidayah, serta taufiq.

Jika tidak sholat, kita tidak mampu mengerjakan banyak hal bersama Allah SWT.

Karena Allah SWT telah mewajibkan sholat kepada kita sehingga Ia memberikan kita sesuatu yang bisa kita dapatkan dalam sholat.

Maka jika sholat tidak ada, akan menjadi musibah besar, musibah yang sangat besar. Sholat adalah sesuatu yang sangat penting.

Abu Bakar r.a. berkata, apabila datang waktu sholat “pergilah ke api yang telah kamu nyalakan, maka padamkanlah!”.

Dosa adalah api, shodaqoh bisa memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api. Kalau begitu, selamanya kita menyerupakan dosa dengan api.

Kita duduk sepanjang siang menyalakan api dari dosa yang kita kerjakan. Seandainya kita meninggalkan api itu, hidup kita akan terbakar.

Apa yang kita lakukan? Memadamkannya.

Dengan apa? Dengan sholat, wudlu’, shodaqoh, istigfar, membaca Al-Qur’an, mengais rezeqi, memakmurkan bumi, dan seebagainya. Semua hal ini adalah penebus dosa-dosa.

Syaikh Ja’far Al-kattani mengarang kitab berjudul “Syifa’u al-Aqsam fi Mukaffiroti al-Atsam”. Apa yang bisa menebus dosa? Semua hal ini. Dan menolong saudaramu terhadap hal yang membuatnya lelah, yaitu orang sakit yang kamu singkirkan sandungan (batu) darinya. Dan kamu berjalan di jalan, dia berkata kepadamu ini bisa menebus dosamu & juga tersenyum dihadapan saudaramu adalah shodaqoh.

Ustadz Abdul Aziz – Jember

DB

Related posts

Leave a Comment