Polda Jatim Ungkap Jaringan Pembobol Kartu Kredit Asing

Polda Jatim Ungkap Komplotan Pembobol Kartu Kredit detak berita

Polda Jatim Ungkap Komplotan Pembobol Kartu Kredit detak berita

SURABAYA, Detak Berita — Unit II Subdit V Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian data kartu kredit, dan membelanjakan berbagai barang.

Wadireskrimsus Polda Jatim – AKBP Arman Asmara menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari temuan adanya transaksi online dengan menggunakan nomor rekening seseorang, yakni kartu kredit orang lain.

“Jadi polanya mereka itu melaksanakan spamming dulu. Spamming dengan menggunakan alat elektronik, masuk melalui alat elektronik jaringan berupa akun itu ada dua akun Apple dan Paypal”, jelasnya, Selasa (20/3/2018).

Berdasarkan informasi, diketahui bahwa pelaku hacking terhadap dua akun tersebut dilakukan oleh seseorang dengan nama inisial IIR, di Pakis, Kabupaten Malang.

Diketahui, bahwa pelaku juga mempunyai jaringan yang tersebar di beberapa kota sebagai agen buyer atau penadah.

Dari IIR, petugas mengamankan tersangka inisial HRD yang menjadi salah satu penadah atau agen buyer.

Pelaku ditangkap pada saat berada di area Diskotek Kantor Komplek Indo Plaza, Surabaya. Kemudian juga menangkap ZU.

“Mereka menggunakan situs facebook yang bernama Kolam Tuyul. Jadi dua TKP ini menggunakan situs facebook yang namanya Kolam Tuyul”, tambahnya.

Sebanyak 36 item barang berbagai jenis hasil kejahatan, seperti sepatu, jam tangan, alat kesehatan, laptop, dan lain sebagainya dengan total sekitar Rp 500 juta.

“Kemudian pasal kita kenakan disitu yaitu pasal 30 pasal 32, 26, UU ITE no 11 tahun 2016 dengan ancaman hukuman 7 tahun dan denda 700 juta,”, tandasnya.

DB

Related posts

Leave a Comment