Pontianak Gelar Ritual Naga Buka Mata Untuk Panggil Roh Langit

Ritual Naga Buka Mata Pontianak detak berita

Ritual Naga Buka Mata Pontianak detak berita

PONTIANAK, Detak Berita — 19 ekor replika naga melakukan prosesi ritual buka mata di Klenteng Kwan Tie Bio Jalan Diponegoro Pontianak, Rabu (28/2/2018).

Ritual naga buka mata ini dimulai sekitar pukul, 07.00 WIB yang dipusatkan di Klenteng Kwan Tie Bio yang juga menjadi lokasi pusat kuliner dan promosi perayaan Cap Go Meh 2569 di kota Pontianak.

Satu persatu replika naga dari sejumlah Yayasan Kebhaktian dan Pemadam Kebakaran yang ada di Kota Pontianak mengikuti ritual naga buka mata.

Ritual naga buka mata ini mengundang ratusan warga untuk menontonnya yang mengakibatkan kondisi Klenteng Kwan Tie Bio penuh sesak oleh warga.

Menurut warga Tionghoa yang juga pegiat budaya, Johan, ritual naga buka mata ini sangat penting sebagai syarat dan merupakan adat yang harus dipenuhi sebelum naga nantinya diarak mengelilingi Kota Pontianak.

“Ini adat yang harus dilakukan sebelum naga diarak keliling kota, karena kalau belum dilakukan ritual naga buka mata, naga tersebut belum diperbolehkan untuk diarak keliling kota”, ungkapnya.

Ritual naga buka mata ini dijelaskan Johan bertujuan untuk memanggil roh-roh naga langit untuk bisa masuk ke replika naga sehingga nantinya pada saat melakukan atraksi saat keliling kota terjaga keselamatannya dan warga sekitarnya.

Replika naga yang sudah melakukan ritual naga buka mata selanjutnya melakukan atraksi di sepanjang Jalan Diponegoro dan rute-rute yang sudah dipersiapkan panitia.

Atraksi replika naga ini akan dilaksanakan mulai hari ini, 28 Februari-2 Maret 2018.

Selanjutnya, setelah tanggal 2 Maret 2018 seluruh naga yang sudah buka mata diharuskan mengikuti ritual naga tutup mata dimana seluruh naga tersebut harus dibakar.

“Tujuannya untuk mengantarkan roh-roh naga yang tadinya masuk ke tubuh replika naga kembali ke langit”, jelasnya.

DB

Related posts

Leave a Comment