Jauh Dekat Harga Sama, 4 Ruas Tol Jakarta Akan Satu Tarif

Tol JORR 2 detak berita

Tol JORR 2 detak berita

Sejumlah kendaraan melaju di ruas jalan tol lingkar luar Jakarta W2 di Jakarta, Selasa (20/2/2018). 

JAKARTA, Detak Berita — Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan mengintegrasikan 4 (empat) rusa tol dalam satu sistem pembayaran jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Empat ruas tol itu terdiri dari ruas W2 utara, JORR S, JORR non S, dan Pondok Aren-Ulujami.

Dengan satu sistem pembayaran dari empat ruas tol ini bisa mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas tersebut.

Meski begitu sampai saat ini hal tersebut masih dalam kajian karena masih terkendala negosiasi tarif yang akan diberlakukan.

Tol Ciledug detak berita

Gerbang Tol Ciledug 1

Sebelumnya, Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur juga mengatakan karena akan menyatukan empat ruas dalam satu tarif sehingga harus ada perhitungan bagi hasil yang jelas.

“Pasalnya badan usaha yang mengoperasikan 4 ruas tersebut tak hanya Jasa Marga saja, sehingga harus ada perhitungan bagi hasil yang jelas jika integrasi pembayaran nanti dilakukan”, katanya.

Selain itu, kata Subakti, begitu digabungkan, akan ada perhitungan biaya operasi dan maintenance (OM). Jadi selain bagi hasil harus hitung OM nya yang harus dibagi karena ada gerbang-gerbang yang dioperasikan bersama.

Tol JORR 1 detak berita

Tol Jorr

“Itu yang agak lama. Artinya waktu kita hitung, kan harus ada kesepakatan, mau nanti berdasarkan survei atau kenaikan terhadap inflasi. Ini yang agak lama negosiasinya”, katanya beberapa waktu lalu.

Biasanya, sistem demikian akan merugikan pengguna tol jarak dekat. Karena pengguna akan membayar tarif sama dengan pengguna tol jarak jauh.

Sebaliknya bagi pengguna jalan tol jarak jauh akan lebih murah dari tarif yang belum terintegrasi dalam satu tarif.

Reportase Detak Berita :

DB

Related posts

Leave a Comment