Progres Kemajuan, Gus Ipul Sebut 10 Tahun Lagi Jatim Tidak ada Desa atau Kota

Gus Ipul Tak Desa Atau Kota detak berita

Gus Ipul Tak Desa Atau Kota detak berita

SURABAYA, Detak Berita — Jawa Timur menjadi daerah yang memiliki tingkat kemajuan cukup pesat. Dalam 10 tahun mendatang, semua daerah di Jatim tidak akan ada perbedaan antara desa dan kota.

“Melihat perkembangan saat ini, 10 tahun mendatang tidak akan ada perbedaan antara desa dan kota”, kata Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Senin (12/2/2018).

Kondisi ini dilihat dari keinginan pemerintah pusat yang bersinergi dengan pemerintah provinsi untuk membangun tol. Mulai tol Solo ke Banyuwangi, Surabaya-Malang, dan Kediri.

Selain itu, pembuatan bandara internasional juga dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kesenjangan warga.

Diakui atau tidak, ujar Gus Ipul, ada kesenjangan antara wilayah selatan dan utara yang ada di Jawa Timur. Namun ada juga daerah yang mengalami kemajuan tetapi prosesnya lambat.

Untuk itu, pemerintah pusat mengalokasikan dana khusus sebesar Rp 2 triliun untuk mempercepat kawasan selatan.

“Bersamaan dengan kebijakan pemerintah pusat, kami juga meluncurkan program untuk memajukan kawasan selatan”, ujarnya.

Wilayah selatan, lanjut dia, nantinya akan dipacu supaya pertumbuhan perekonomian berjalan lebih cepat.

Sebab, dalam waktu dekat akan ada tol yang bisa menyambungkan antara kota dan daerah. Dengan adanya tol ini, maka tidak akan ada perbedaan antara kota dan daerah.

Saat ini, di daerah selatan industri yang paling maju adalah perusahaan marmer dan pertambangan. Namun, untuk usaha kecil menengah (UKM) masih sangat minim.

Pemprov, ungkap Gus Ipul memiliki rencana untuk memperhatikan wilayah selatan dengan mempercepat perluasan UKM yang bisa menampung tenaga kerja.

“Makanya kami keluarkan program Tebar Jala yang nantinya akan menjadi pusat ekonomi baru jalur selatan”, ungkap Gus Ipul.

Program ini membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, termasuk pihak-pihak swasta.

Meskipun pemerintah memiliki anggaran untuk memajukan wilayah selatan, tetapi sinergi untuk menjadikan UKM lebih maju membutuhkan pihak lain.

Untuk itu, Gus Ipul menegaskan akan merangkul pihak yang berkompeten membimbing UKM yang berada di wilayah selatan.(arif ardliyanto)

DB

Related posts

Leave a Comment