Start Up Singapura Ini Bangun Dompet Digital Lintas Platform

Ilustrasi - Gizmodo
Ilustrasi - Gizmodo
Ilustrasi – Gizmodo

DETAK TEKNO, Detak Berita — Berbagai perusahaan rintisan teknologi di Indonesia kini saling berlomba melebarkan sayap menyediakan pelayanan dompet digital.

Dompet digital itu memungkinkan konsumen melakukan pembayaran di dalam masing-masing platform.

Sebut saja Go-Jek dengan layanan Go-Pay, Grab dengan GrabPay, Tokopedia dengan TokoCash, maupun BukaLapak dengan BukaDompet.

Sejauh ini, penggunaan Go-Pay yang berjalan paling mulus tanpa hambatan lantaran menjadi satu-satunya platform yang mengantongi lisensi uang elektronik dari Bank Indonesia.

GrabPay pun sempat tersandung urusan lisensi otoritas moneter sebelum menggandeng kerja sama dengan PT Visionet Internasional, perusahaan yang terafiliasi dengan Grab melalui grup Lippo.

Mitra teknologi finansial GrabPay tersebut adalah pemegang lisensi uang elektronik OVO.

Praktis, tinggal layanan pembayaran milik Tokopedia dan Bukalapak yang hingga kini masih tersandung lisensi.

Terlepas dari itu, penggunaan layanan dompet digital umumnya masih terbatas untuk transaksi di dalam setiap platform tertentu.

Situasi tersebut menghadapkan konsumen pada pilihan sulit tatkala menentukan dompet digital mana yang lebih tepat untuk penempatan uang.

Perusahaan teknologi rintisan asal Singapura, Cheers Global Wallets, membidik pasar Indonesia dengan produk yang bisa mengintegrasikan pelayanan berbagai dompet digital.

Pendiri sekaligus CEO Cheers Global Wallets, Gregor Arn, menyatakan sebagian besar dompet digital di dunia belum terhubung satu sama lain. Penggunaan dompet digital umumnya masih terkendala soal pembayaran lintas negara.

“Mengintegrasikan dompet digital merupakan terobosan yang dapat memperluas jangkauan layanan ratusan perusahaan rintisan teknologi di negara berkembang”, ujarnya kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Director Growth Strategy Cheers Global Wallets, Arish Khajotia, menyatakan di satu sisi integrasi dompet digital memudahkan perusahaan rintisan memperluas jangkauan.

Dari sisi konsumen, pengguna dompet digital tertentu tak perlu memiliki berbagai dompet digital platform lain tatkala melakukan transaksi.

“Cheers dapat membuat platform pembayaran terhubung ke dalam berbagai aplikasi yang terpasang pada berbagai platform. Penggunaannya lintas batas negara dan dapat melayani transaksi dalam berbagai mata uang”, ujarnya.

Bukan tidak mungkin, ujarnya, persaingan pada layanan dompet digital terhenti dalam beberapa tahun kemudian.

Banyak yang beranggapan fintech pembayaran bersaing ketat satu sama lain, namun kenyataannya justru bisa sebaliknya.

“Dengan sistem kami bakal semakin banyak kolaborasi”, ujarnya.

Reportase Detak Berita :

DB

Related posts

Leave a Comment