Pilgub Sumut Menunggu Pleno Hasil Tes Kesehatan

Ramlan Sitompul Pilkada Sumut detak berita

Ramlan Sitompul Pilkada Sumut detak berita

MEDAN, Detak Berita — Tiga bakal pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sumut telah menyelesaikan seluruh rangkaian tes kesehatan selama dua hari di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RAUPHAM) Medan.

Para kandidat saat ini menunggu hasil pleno dari tim kesehatan Pilkada Sumut yang akan menentukan lulus tidaknya mereka dalam tes tersebut.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut 2018, Ramlan Sitompul menjelaskan, tim yang terdiri dari IDI, Himpunan Psikologi Indonesia dan BNN akan menggelar pleno untuk memutuskan apakah para bakal calon tersebut lulus tes kesehatan.

“Ini hanya masalah mampu tidak mampu. Keputusan pleno nanti menyatakan mampu atau tidak mampu”, kata Ramlan di RSUPHAM Medan, Jum’at (12/1/2018).

Ramlan mengungkapkan, dalam pleno itu nantinya seluruh tim medis, psikolog dan BNN akan menyatakan kondisi kesehatan para bakal paslon. Kemudian hasil dari ketiga lembaga tersebut akan disatukan untuk membuat kesimpulan.

“Kalau misalnya ada yang bermasalah dari ketiga unsur itu maka dinyatajan tidak memenuhi syarat. Jadi ketiga itu harus clear”, tegasnya.

Dikatakan Ramlan, hasil pleno tim kesehatan yang bersifat final dan mengikat tersebut akan diserahkan ke KPU Sumut pada 16 Januari mendatang.

“Kalau lewat dari waktu yang ditentukan nanti pelanggaran jadwal. Kita akan berikan surat pengantar, berita acara hasil pleno, serta kita lampirkan masing-masing kesimpulan dari BNN, Psikolog, dan kesehatan”, pungkasnya.

DB

Related posts

Leave a Comment