Gagal Panen, Harga Beras Premium di Subang Melonjak Drastis

Beras Karung detak berita

Beras Karung detak berita

SUBANG, Detak Berita – Harga Beras di sejumlah Pasar Tradisional di Subang, seperti Pasar Panjang, Pasar Pujasera, dan Pasar Rakyat Sukamelang, naik secara signifikan, khususnya harga beras premium dan harga beras medium.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tersebut, untuk harga beras premium di pasar Pujasera di jual dengan harga Rp 12.500 per kilogram, di Pasar Panjang Rp 12 ribu per kilogram, sedangkan di pasar Rakyat Sukamelang dijual dengan harga Rp 13 ribu per kilogram.

Naiknya harga beras tersebut, membuat resah masyarakat, karena naiknya harga dalam kurun waktu 15 hari bisa mencapai Rp 2.000 per kilonya.

Terkait hal itu, Hj. Holimah salah seorang pedagang beras di Pasar Panjang Subang membenarkan, bahwa harga beras sejak 15 hari terakhir terus mengalami kenaikan harga, mulai dari harga Rp 260 ribu per karung dengan berat 25 Kg, sampai dengan naik ke harga Rp 270 ribu per 25 kg, hingga ke level harga Rp 300 ribu per 25 kg.

“Sejak menjelang Natal sampai dengan hari ini, harga beras premium terus naik sampai Rp 300 ribu per 25 kg”, ungkap Hj. Holimah di Subang, Selasa (9/1/2018).

Menurut Holimah, sejak kenaikan harga beras, pembeli pun mulai berkurang, bahkan sepi pembeli, berbeda dengan sebelum ada kenaikan harga, pembeli pun ramai.

“Ya, kalau harga mahal seperti sekarang ini, saya bisa rugi”, ujarnya.

Maka dari itu, ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Subang dan Dolog, untuk menggelar Operasi Pasar (OP), dengan harapan bisa membantu beban masyarakat khususnya para pedagang dan ibu rumah tangga.

Sedangkan penyebab kenaikan harga beras saat ini, dipicu karena banyak petani yang gagal panen, sehingga berdampak terhadap berkurangnya pasokan beras ke para Pedagang.

Padahal kata Holimah, Subang merupakan salah satu penghasil beras terbesar di Jawa Barat, namun ketika banyak petani yang gagal panen, mengakibatkan tidak terkendalinya harga beras di pasaran.

DB

Related posts

Leave a Comment