Bali Membutuhkan 300.000 Rumah Layak Huni

REI Pacu Hunian di Bali detak berita

REI Pacu Hunian di Bali detak berita

KUTA, Detak Berita — Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya melansir data baglock secara nasional dan masing-masing daerah. Khusus Bali, keperluan rumah layak huni mencapai 300.000 unit. Jumlah itu tentunya menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah bersama stakeholders terkait.

Menyikapi itu, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Bali telah menyiapkan sejumlah strategi.

Salah satunya mempercepat penyediaan hunian terjangkau bagi masyarakat Pulau Dewata.

Langkah itu sejalan dengan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ketua DPD REI Bali, Pande Agus Permana Widura kepada wartawan di Kuta, Selasa (26/12/2017) mengemukakan pihaknya saat ini mulai menggenjot penyediaan rumah bagi masyarakat.

“Kebutuhan rumah baglock di Bali sendiri itu sekitar 300 ribu unit, itu di semua Kabupaten. Saya kemarin mendapat data itu. Nah ini harus kita carikan solusi. Bagaimana kita bisa meyediakan perumahan-perumahan itu bagi masyarakat”, ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya menginginkan kedepannya pembangunan di Bali semakin baik, dan merata. Pemerataan itu berwujud kepemilikan rumah yang berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

“Karena saya, kita dari REI, kita ingin pembangunan di Bali kedepannya lebih bagus. Jangan sampai ada masyarakat yang masih belum memiliki rumah. Nah ini yang saya sangat berharap bantuan atau dorongan, baik dari pemerintah, dan juga dari partner kami perbankan, untuk sama-sama bisa mensupport niatan kami untuk menyediakan rumah-rumah bagi masyarakat yang belum memiliki rumah itu”, tuturnya.

Pande Agus menilai, jika tidak segera disiasati, kedepan baglock akan semakin meningkat, dan sulit dibendung.

Kondisi itu didukung oleh penambahan, dan migrasi penduduk. REI Bali dikatakan mampu menyediakan setidaknya 5.000 unit hunian pertahun.

“Baglocknya itu ya saya belum tahu karena memang itu kan terpengaruh dari kalau seandainya ada penambahan penduduk, itu kan otomatis baglock itu akan bertambah. Tapi kami dari DPD REI Bali akan tetap berusaha untuk tetap menyediakan harga terjangkau bagi masyarakat”, tutupnya.

DB

Related posts

Leave a Comment