Ratusan Jawara Silat Betawi Unjuk Gigi Kepada Anak Cucu

Jawara Silat Betawi Unjuk Gigi detak berita

Jawara Silat Betawi Unjuk Gigi detak berita

JAKARTA, Detak Berita — Ratusan jawara dan pendekar silat Betawi unjuk gigi dalam acara ‘Gebyar Kreasi Silat dan Seni Budaya Betawi Rawa Belong’, Minggu (24/12/2017). Berbagai keahlian beladiri pun ditampilkan, mulai dari perorangan maupun kelompok.

Acara yang diselenggarakan Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) dan berlangsung selama dua hari tersebut, juga bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan kembali pencak silat sebagai budaya Betawi kepada masyarakat luas.

“Tidak lain dan tidak ada maksud lain, gelar budaya ini kita lakukan adalah agar anak cucu kita jangan sampai tidak mengetahui budaya Betawi pencak silat ini”, jelas Ahmad Sauqi, Ketua FKBB, dengan di dampingi Sekretarisnya, Heru Nuryaman.

Lebih lanjut dikatakan Sauqi, dalam gebyar seni dan budaya tersebut tidak semata menampilkan pencak silat. Melainkan juga, berbagai tarian Betawi antara lain tari topeng, tari yapong dan lain sebagainya.

“Ada sebanyak 235 padepokan dan sanggar tari Betawi ikut meramaikan acara”, jelasnya.

Sebelumnya, pada kesempat tersebut, FKBB dikukuhkan. Dengan dikukuhkannya forum tersebut, Sauqi pun berharap dapat mempersatukan sejumlah sanggar tari dan persatuan pencak silat Betawi yang ada.

“Dan saya juga memiliki tekad, pencak silat Betawi dapat bergabung dengan IPSI”, katanya.

DB

Related posts

Leave a Comment