Zumi Zola Terima Gelar Adat Jambi

Zumi Zola Terima Gelar Adat detak berita

Zumi Zola Terima Gelar Adat detak berita

JAMBI, Detak Berita – Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli resmi mendapat gelar adat melayu Jambi “Sri Paduko Anom Setio Negeri” dan Sherin Tharia memperoleh penghargaan Karang Setyo, Minggu (17/12/2017).

Pengukuhan dan penganugerahan gelar adat ini dilakukan langsung oleh ketua LAM provinai Jambi Hasip Kalimudin Syam Adipati Agung Mangkunegoro.

Dalam sambutannya, Ketua LAM Provinsi Jambi mengatakan anugerah gelar adat Melayu Jambi kepada Gubernur Jambi ini telah direncanakan sejak Juni 2017 lalu.

“Penganugerahan gelar adat iko sudah direncanakan sejak Juli lalu namun baru hari ini terselenggara”, sebut Hasip Kalamudin Syam, Minggu (17/12/2017).

Menurutnya, penganugerahan adat ini merupakan tonggak spiritual kepada masyarakat Jambi yang menjunjung tinggi pemerintahan yang tangguh.

Dikatakan, dari tiga puluh enam alternatif yang diajukan oleh tim, akhirnya diputuskan satu gelar yakni Sri Paduko Anom Setio Negeri, yang artinya seorang pemimpin Jambi yang cerdas, muda serta amat dimuliakan dan dicintai masyarakat yang tidak pernah lari dari tanggung jawab untuk membangun negeri Jambi.

“Oleh karena itu bersama-sama lembaga adat di 11 kabupaten kota membentuk tim untuk melakukan peninjauan silsilah sehingga dibentuk tiga nama alternatif yang untuk kemudian yang diterima hanya satu gelar untuk kemudian dikukuhkan sebagai pembina LAM provinsi Jambi dan diberi gelar Seri Paduko Anom Setio Negeri”, tuturnya.

Sementara penghargaan Karang Setyo yang diberikan kepada Sherin yang ditandai dengan pengalungan liontin Sri Tanjung diartikan sebagai istri setia pendamping suami.

“Penghargaan Karang Setyo merupakan wujud kebersamaan yakni dinilai setio mendampingi Gubernur dalam menjalankan tugas sehingga menjadi panutan bagi wanita melayu Jambi”, pungkas Hasip.

Dengan gelar adat yang diperoleh, Gubernur Jambi Zumi Zola menyebutkan rasa terima kasih tak terhingga atas gelar adat yang diberikan bersama istri.

Dirinya berharap gelar dan penghargaan dapat mendorong dalam pewarisan adat secara cerdas dan berkualitas.

“Melalui pewarisan ini mudah-mudahan kami dapat diberi kekuatan mental dan keteguhan hati bersama seluruh masyarakat di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini dalam menghadapi berbagai bentuk interaksi budaya instan yang menggejala melalui berbagai media massa dan perilaku masyarakat yang menjurus kebebasan secara tidak bertanggung jawab”, sebut Zola.

Hadir dalam pemberian gelar adat melayu Jambi ini Wakil Gubernur Jambi Fachroeri Umar, Kapolda Jambi, Dandrem 042 Gapu Jambi, anggota DPRD, Bupati/Walikota dalam provinsi Jambi, DPR RI dapil Jambi H. Bakrie, kepala adat rumpun melayu se Sumatera dan lainnya.

DB

Related posts

Leave a Comment