Pontianak Gelar Kirab Budaya Kuda Lumping

Kirab Budaya Kuda Lumping di Pontianak, Minggu (22/10/2017).
Kirab Budaya Kuda Lumping di Pontianak, Minggu (22/10/2017).
Kirab Budaya Kuda Lumping di Pontianak, Minggu (22/10/2017).

PONTIANAK, Detak Berita — Kirab Budaya dalam rangka merayakan Hari Jadi Kota Pontianak ke-246 yang berlangsung di Jalan Gajah Mada, Minggu (22/10/2017), ternyata menarik perhatian masyarakat luar Kota Pontianak khususnya Paguyuban Jawa yang berasal dari Rasau Jaya Tiga Kabupaten Kubu Raya. 

Koordinator Paguyuban Bangun Tresno, Hidayat mengatakan keikutsertaannya mengikuti Kirab Budaya karena ingin memperkenalkan budaya Jawa supaya bisa dikenal masyarakat di Kalbar dan lebih dari itu untuk melestarikan kebudayaan agar tidak hilang ditelan jaman.

BACA JUGA Tak Tau Penyebab Pelarangan, Kemenlu: Panglima TNI Sudah Bisa Berangkat Hari Ini

“Kami dari Paguyuban Bangun Tresno sangat antusias mengikuti Kirab Budaya yang di adakan di Pontianak ini,” ungkapnya.

Dalam keikutsertaannya Paguyuban Bangun Tresno yang beralamat di Jalan Damai Rasau Jaya Tiga Kabupaten Kubu Raya, memperkenalkan tarian Kreasi Kuda Lumping Kepang, Barongan, dan Kirab Sakera.

Dalam hal menjaga keberagaman suku bangsa dijelaskan Hidayat kalau di Paguyuban Bangun Tresno sendiri orang-orangnya atau anggotanya tidak hanya orang Jawa saja.

BACA JUGA Apel Santri 2017 Di Tugu Pahlawan, Gus Ipul Puji Santri Hebat

“Di Paguyuban Bangun Tresno kami membaur ada yang dari suku Madura, Jawa, Dayak, bahkan ada yang dari China, kami berusaha bagaimana seni bisa dimiliki anak suku bangsa yang ada di Indonesia,” harapnya. 

Keikutsertaan Paguyuban Jawa pada Kirab Budaya dengan mempertontonkan barisan Kuda Lumping ternyata banyak menyedot perhatian masyarakat yang tertarik dengan pemeran atau pemain Kuda Lumping yang ditungangi wanita-wanita cantik. 

DB

Related posts

Leave a Comment