Bila Catalunya Merdeka, Barcelona Mungkin Tinggalkan Liga Spanyol

Josep Maria Bartomeu
Josep Maria Bartomeu
Josep Maria Bartomeu

SPANYOL, Detak Berita – Hasil referendum sebagian besar warga setuju Catalunya merdeka dari Spanyol. Meski Polisi Spanyol berusaha menggagalkan referendum tersebut namun mereka tetap bisa melakukannya sejak Minggu 1 Oktober lalu.

Referendum ini tidak hanya berdampak secara politis untuk Spanyol juga terhadap olahraga secara khusus sepak bola. Selama ini seperti diketahui sepak bola Spanyol dikuasai oleh dua klub yaitu Barcelona dan Real Madrid.

Nyaris kedua klub yang berulang kali jadi juara secara bergantian. Dan seperti diketahui laga Barcelona melawan Real Madrid yang dikenal dengan julukan El Clasico adalah laga yang ditunggu banyak penggemar sepak bola dunia.

Dan bisa jadi jika Barca tidak ada di Liga Spanyol maka liga ini akan tidak menarik.

BACA JUGA :

Laga ini sebetulnya tidak hanya laga dua klub sepak bola namun juga laga berbau politis.

Pasalnya sudah lama Catalunya tempat Barcelona berada ingin berpisah dari negara Monarki Spanyol. Dan kedua tim ini terkenal sebagai musuh abadi, tidak hanya di lapangan sepak bola juga di luar lapangan.

Jika Catalunya berpisah lalu ke mana Barcelona berlaga? Apakah membikin liga sendiri?

Josep Bartomeu selaku Presiden El Barca mengakui ada kemungkinan mereka hijrah dari Primera Division.

Beredar luas kabar yang menyebutkan Barca dan klub-klub yang berbasis di region Catalunya akan meninggalkan La Liga dan bergabung dengan kompetisi domestik lain seperti Liga Primer Inggris atau Serie A Italia.

UEFA federasi sepak bola di Eropa memang memperbolehkannya seperti AS Monaco yang berlaga di Liga 1 Prancis.

Josep Maria Bartomeu selaku presiden Barcelona mengakui kans untuk itu terbuka, andai Catalunya resmi berpisah dari Spanyol.

“Situasi ini tidak ada sejauh ini,” kata sang presiden “Tetapi sehubungan dengan hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan, ini (meninggalkan La Liga) adalah hal yang harus didiskusikan dewan direksi. Ini hal yang harus dianalisa dengan tenang.”

“Jika kami mendikusikan subjek ini secara intens, jelas kami akan menemukan solusi terbaik. Tetapi jika kemerdekaan ini terjadi, dewan direksi akan mempertimbangkan situasi yang ada.”

DB

Related posts

Leave a Comment