Vettel Start Paling Belakang di GP Malaysia

Ferrari F1 detak berita

Ferrari F1 detak berita

MALAYSIA, Detak Berita – Apes yang dialami pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang secara mengejutkan menjadi salah satu dari lima pebalap yang tereliminasi pada kualifikasi pertama (Q1), membuat Ferrari memutuskan menggunakan bagian-bagian mesin baru pada mobil milik Sebastian Vettel.

Ferrari mengklaim telah menemukan sumber permasalahan mobilnya pada sesi kualifikasi kemarin pada Sabtu (29/9/2017).

Padahal, Vettel saat itu dijagokan merebut pole setelah tampil kompetitif sepanjang sesi latihan bebas dan sempat menguasai sesi latihan bebas kedua (FP2) pada Jumat (29/9/2017).

BACA JUGA :

Vettel akan memulai GP Malaysia dari posisi paling belakang setelah dirinya terkena masalah mesin pada babak Q1.

Setelah analisis yang dilakukan Ferrari terhadap power unit dari mobil milik Vettel, ditemukan penyebabnya yaitu pada manifold yang rusak, hal ini mengganggu peroses pendistribusian udara dari kompressor ke unit pembakaran internal.

Masalah ini membuat Ferrari terkejut, karena power unit tersebut tidak menemui masalah dalam tes dyno di Maranello sebelum dikirimkan ke Malaysia, dan indikasi pertama dari masalah hanya datang pada saat Q1.

Karena Vettel akan memulai balapan dari posisi belakang, Ferrari memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memakaikan komponen baru dalam mobilnya, sebab penalti grid tidak akan memberinya kerugian.

Diketahui SF70-H milik Vettel akan memakai alokasi mesin, MGU-H, dan turbo kelima. Secara teori, hal ini akan memberinya penalti mundur 20 grid pada balapan Minggu (1/10/2017).

Vettel sendiri sebelumnya mengatakan, keputusan untuk mengganti mesin jelang sesi kualifikasi GP Malaysia bukanlah sebuah kesalahan, meski dirinya gagal mencatatkan waktu pada sesi tersebut.

DB

Related posts

Leave a Comment