Kota Jakarta Menyusul Pasang CCTV di Jalanan Ibukota

CCTV Dishub Operator Wanita detak berita

CCTV Dishub Operator Wanita detak berita

JAKARTA, Detak Berita – Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama  Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan melalui Jakarta Smart City (JSC) telah menerapkan tindakan berupa teguran terhadap pelanggar lalu lintas melalui kontrol Closed Circuit Television (CCTV).

Petugas Dishub DKI berdasar pemantauan melalui CCTV  akan menegur pelanggar lalu lintas melalui pengeras suara.

Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan pihaknya telah memasang 20 titik CCTV berkualitas tinggi di beberapa tempat yang dianggap rawan terjadi pelanggaran lalu lintas.

CCTV tersebut akan dipantau oleh petugas di command center Dishub DKI Jakarta.

Saat melihat pengendara melakukan pelanggaran, petugas langsung menegur melalui pengeras suara.

BACA JUGA :

“Kami memonitor di Command Center Dishub di Unit Pengelola Sistem Pengendali Lalu Lintas,” kata Sigit kepada media, Minggu (1/10/2017).

 

Sigit menambahkan, selain terhubung dengan Comman Center Dishub, CCTV juga terkoneksi dengan pemantauan di Jakarta Smart City di Balaikota DKI Jakarta.

Menurutnya, sistem yang sudah diterapkan di beberapa kota lain, seperti Bandung dan Semarang itu untuk lebih menyadarkan pengendara agar lebih patuh lalu lintas.

“Ini agar pengendara tertib dalam berlalu lintas, juga dalam rangka untuk mengendalikan kemacetan di Jakarta,” imbuh Sigit.

Dikatakan Sigit, meski telah memasang 20 CCTV, baru satu lokasi yang tengah di ujicoba, yakni di traffic light Jalan MH. Thamrin.

Beberapa tempat lain, disebut Sigit akan diterapkan diantaranya di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.

DB

Related posts

Leave a Comment