Demo Neo Nazi Bentrok, Pemerintah Swedia Siapkan 350 Ruang Tahanan

Neo Nazi Swedia Bentrok detak berita

Neo Nazi Swedia Bentrok detak berita

SWEDIA, Detak Berita – Unjuk rasa kelompok neo-Nazi di Swedia berakhir dengan bentrokan setelah dihadang aparat Kepolisian dan kelompok anti-fasis.

Bentrokan terjadi setelah kelompok neo-Nazi, The Nordic Resistance Movement (NMR), berusaha keluar dari rute unjuk rasa dan mencoba merangsek penjagaan aparat Polisi, kata Polisi.

Puluhan orang telah ditangkap, termasuk pemimpin kelompok tersebut, demikian laporan media Swedia.

BACA JUGA :

Para pengunjuk rasa dari kelompok anti-fasis juga diyakini termasuk yang ditahan.

Kelompok neo-Nazi berkumpul di salah-satu sudut kota Gothenburg, dan hampir bersamaan hadir pula kelompok anti-fasis. Mereka berjajar di rute jalan yang sama.

Sejumlah media Swedia melaporkan bentrokan pecah setelah ada lemparan batu yang berasal dari kerumunan kelompok anti-fasis, sehingga anggota NMR berusaha maju dan menerobos penjagaan Polisi.

Otoritas keamanan Gothenburg mengatakan izin unjuk rasa berakhir pukul 15:00 waktu setempat. Aparat Kepolisian memisahkan dua kelompok dengan menempatkan ratusan anggota hingga unjuk rasa berakhir.

Siapkan 350 ruang tahanan

Menjelang sore, Polisi mengatakan telah menangkap puluhan orang pengunjukrasa, termasuk diantaranya 22 orang yang diduga melakukan kekerasan, empat orang melakukan penyerangan dan empat lainnya melawan dengan kekerasan.

NMR, yang keberadaannya tidak dilarang di Swedia, menggambarkan dirinya sebagai organisasi “nasional sosialis”, yang mengacu pada doktrin yang dibuat partai Nazi Jerman yang didirikan Adolf Hitler.

Tujuan organisasi ini diantaranya adalah menolak dan berusaha menghentikan kehadiran migran atau pengungsi.

Mereka juga melawan apa yang mereka sebut sebagai “elit Zionis global”. Isu seperti ini juga ramai digaungkan di negara-negara tetangga Swedia.

Kantor berita Reuters melaporkan, Polisi telah mengantisipasi aksi kekerasan seperti ini dengan mendatangkan aparat Kepolisian tambahan dari berbagai kota di Swedia.

Otoritas Swedia juga telah menyiapkan sekitar 350 ruang tahanan sementara untuk menampung para perusuh yang terbukti melanggar hukum.

DB

Related posts

Leave a Comment