Sapatapa-an, Wujud Pelestarian Seni Budaya di Sumedang

Budaya Sapatapa an Sumedang detak berita

Budaya Sapatapa an Sumedang detak berita

SUMEDANG, Detak Berita – Sejumlah komunitas Seni dan Budaya di Sumedang yang tergabung dalam “Saung Paragi Tafakur Kabudayaan” (Sapatapa-an) diharapkan mampu memotivasi, memelihara dan melestarikan seni budaya yang ada di Sumedang. hal itu disampaikan Ketua DPRD Sumedang, Irwansyah Putra kepada RRI, Kamis (17/8/2017).

“28 komunitas Ini, diharapkan mampu untuk melestarikan seni dan budaya serta dapat menciptakan kreasi dan berbagai inovasi hingga  membuat destinasi wisata seni budaya di salahsatu daerah, yang berada disumedang,” terangnya.

Oleh sebab itu, lanjut Irwansyah, menuju ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang, harus banyak digelar event kesenian, disitu seni dan kebudayaan Sumedang dapat lebih terekspose hingga tingkat internasional, selain sebagai ajang penampilan seni-seni kreatif.

“Event-event kasenian Budaya Sumedang juga merupakan media untuk melakukan konservasi dan ketahanan budaya yang ada di Sumedang. Selain itu, event kesenian dan kebudayaan di Sumedang dapat memberikan suatu pemahaman atau mengurangi degradasi terhadap kepunahan seni dan budaya yang ada di Sumedang,” ujar Irwansyah.

Sementara, Maman Wasman, Ketua Komunitas Seniman dan Budayawan Sapatapaan mengatakan, Sapatapaan ini merupakan tempat brinteraksinya seniman dan budayawan yang peduli terhadap Sumedang melalui pengembangan seni, budaya, tradisi dan lingkungan serta juga membangun simpul-simpul pemberdayaan melalui pngembangan seni, budaya tradisi dan lingkungan.

“Selain itu, Sapatapaan ini merupakan sebuah destinasi wisata yang sarat dengan makna filosofis,“ ujarnya.

DB

Related posts

Leave a Comment