BPSK Tangani Konsunen Yang Dirugikan Saat Belanja Online

Bpsk
Bpsk
Rahim Mardanis

PADANG, Detak Berita – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) membuka ruang bagi konsumen yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha penyelenggara layanan belanja online.

Tim Panitia Seleksi BPSK Provinsi Sumatera Barat, Rahim Mardanis mengatakan, tidak sedikit konsumen yang merasa kecewa atau dirugikan dari sistem belanja praktis tersebut.

Bertolak dari kondisi tersebut, Tim Panitia Seleksi BPSK Sumbar membuka ruang pengaduan bagi konsumen di berbagai daerah.

Konsumen yang merasa dirugikan dapat melaporkan permasalahannya kepada BPSK yang ada di daerah masing-masing.

Untuk saat ini, BPSK yang sudah siap menerima pengaduan konsumen baru Kota Padang, sementara daerah kabupaten dan kota lainnya di Sumbar dibentuk usai Lebaran 1438 Hijriyah.

“Saat ini pengaduan masyarakat ke BPSK masih didominasi persolan seputar leasing. Namun, jika mengamati fenomena sekarang ini, tidak sedikit pula kerugian yang dialami konsumen yang menggunakan jasa belanja online. Hanya saja, konsumen tersebut enggan melapor atau hal lain dikarenakan kurang mengetahui proses atau jalur pelaporan kasus,” ujar Rahim Mardanis, Sabtu (17/6/2017).

Untuk mencegah kerugian lebih banyak lagi, Rahim berharap pemerintah secepatnya melakukan upaya proteksi dengan melakukan kerja sama dengan pihak yang lebih kompeten, misalnya Kominfo.

Penyelesaian kasus belanja online umumnya terkendala jarak karena pelaku usaha layanan online berada di luar Sumatera Barat, sehingga sulit mendatangkan pihak bersangkutan pada saat dilakukan pemanggilan.

DB

Related posts

Leave a Comment